Poin Brogader : 9503 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
Subyek: Lepas Per Rocker Arm 21.06.07 9:14
Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. “Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1),” ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.
Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan (gbr. 2). “Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho,” beber Boski, panggilan beken Kiky.
Menurutnya lagi, itu per bisa aja dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar lebih enteng.
Malah, nggak cuma itu. Proses starter jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter, jadi enteng,” sahut Martin.
Membuka per rocker arm mudah. Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai kunci ring 12 mm (gbr. 3).
Oh ya, sedikit info biar nggak salah buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian. Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu dibuka cukup atas aja atau cap.
Langkah berikut buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar baut nggak slek alias dol.
Jika sudah, baru copot as pelatuk klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini kebalikannya.
abung125 PRAKA KOSTER
Poin Brogader : 6223 Total Posan : 32 Sejak : 06.04.07 Domisili : cilegon Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : due rabi
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 22.06.07 18:20
salam koster, bro mengenai lepas melepas per pelatuk ane pernah dapet saran dari mr.tomy huang juragan brt : tundi bekerja di rpm tinggi maka rawan bila per dilepas karna per per pelatuk diciptakan pasti ada fungsinya. itu dulu dari ane smoga dipertimbangkan
candra904 BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 6168 Total Posan : 1806 Sejak : 24.05.07 Domisili : Balikpapan KorWil : Balikpapan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 aja dah... Sikon : kawin 1 anak Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 24.06.07 11:38
wah kudu banyak ngeriset ni Bro Dim..
[BOETHO] Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7038 Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07 Domisili : Trenggalek - Bogor KorWil : Bogor NRA : 0013 Jabatan : Ang. Pendiri Thunder :
125
Julukan : Big Black Beauty Sikon : MENGERIKAN.... Hobi : MANASIN ORANG Slogan : ADA APA YAH...??
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 25.06.07 5:13
BUAT THUNDER KOK COBA-COBA......
pecintamerahsejati Mayor KOSTER
Poin Brogader : 6273 Total Posan : 764 Sejak : 15.02.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0012 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : thunder bebex 70 cc Sikon : geus kawin coiii Hobi : -
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 25.06.07 18:04
emang betul kata bro abung .. ngapain pabrik cape" nyiptain kalo nggak ada guna..... tapi selama ini gwe copot nggak masalah tuh tuh sebab cdi masih std alias masih pake limiter.. kecuali yang udah ganti sebab dengan makin tingginya rpm rawan terjadi tumbukan klep makanya diciptakan per rocker arm ini.....
lo2nmanson SERTU KOSTER
Poin Brogader : 6176 Total Posan : 141 Sejak : 31.05.07 Domisili : Bandung-jombang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : 100% perjaka Hobi : Otomotif,musik,komputer Slogan : belajar mati sebelum mati
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 25.07.07 14:04
gue dah coba lepas per rocker Arm sejak febuari 2007 ampe sekarang ga ada masalah tuh malah tarikan jadi ringan trus kick jadi ringan lalu stel klep jadi makin mudah & tepat
not exist anymore SERKA KOSTER
Poin Brogader : 5864 Total Posan : 176 Sejak : 30.03.08 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Subyek: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 25.04.08 22:02
TIP: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125
Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. “Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1),” ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.
Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan (gbr. 2). “Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho,” beber Boski, panggilan beken Kiky. KLIK - Detail
Menurutnya lagi, itu per bisa aja dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar lebih enteng.
KLIK - DetailMalah, nggak cuma itu. Proses starter jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter, jadi enteng,” sahut Martin.
Membuka per rocker arm mudah. Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai kunci ring 12 mm (gbr. 3).
Oh ya, sedikit info biar nggak salah buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian. Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu dibuka cukup atas aja atau cap.KLIK - Detail
Langkah berikut buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar baut nggak slek alias dol.
Jika sudah, baru copot as pelatuk klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini kebalikannya.
ada yang udah pernah nyoba belum?
audiarsza LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6206 Total Posan : 518 Sejak : 10.05.07 Domisili : kota 1000 angkot NRA : double O seven Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : inspek aja deh Hobi : ga ada...
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 27.04.08 13:20
wah bro kalo daleman gw mendingan ke bkl pribadi aja...repot kalo di rumah ga ada konci...(lagian jg ga bisa masangnya bro )
Rendy 133 Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6253 Total Posan : 3594 Sejak : 25.07.07 Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur KorWil : BEJAT NRA : 0133 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : 125 Black&Black Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871 Hobi : keep for brothers...... Slogan : it's me
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 28.04.08 10:38
salam koster
yang mau jadi kelinci percobaan kira kira sapa ya...? kalau hasilnya memang oke dan gak ada masalah ane mau juga deh..
dani^bejo KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5974 Total Posan : 57 Sejak : 11.12.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : perjaka
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 28.04.08 13:02
udah banyak yg di copot bro.....!!! n gak ada masalah.... aman2 aje.....
fungsinya utk mempermudah setting klep...!!
klu ada yg ngrasa motor lebih enak... paling itu cmn sugesti aje...... he..he..he.....
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9685 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 28.04.08 17:08
dhe-d wrote:
Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. “Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1),” ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.
Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan (gbr. 2). “Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho,” beber Boski, panggilan beken Kiky. KLIK - Detail
Menurutnya lagi, itu per bisa aja dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar lebih enteng.
KLIK - DetailMalah, nggak cuma itu. Proses starter jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter, jadi enteng,” sahut Martin.
Membuka per rocker arm mudah. Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai kunci ring 12 mm (gbr. 3).
Oh ya, sedikit info biar nggak salah buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian. Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu dibuka cukup atas aja atau cap.KLIK - Detail
Langkah berikut buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar baut nggak slek alias dol.
Jika sudah, baru copot as pelatuk klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini kebalikannya.
ada yang udah pernah nyoba belum?
thanks bro.....tp gambar2 nya gak muncul ya???
candra904 BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 6168 Total Posan : 1806 Sejak : 24.05.07 Domisili : Balikpapan KorWil : Balikpapan Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 aja dah... Sikon : kawin 1 anak Slogan : Orang Bijak Taat Ibadah... Taat Pajak....Taat Berlalulintas
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 28.04.08 23:17
kudu konsul n riset lg ni tips ama bengkel langganan....
king syahriar PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5982 Total Posan : 317 Sejak : 08.12.07 Domisili : Surakarta Hadiningrat Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 10.05.08 17:53
kira kira bisa naikin berapa dk ya...
lo2nmanson SERTU KOSTER
Poin Brogader : 6176 Total Posan : 141 Sejak : 31.05.07 Domisili : Bandung-jombang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : 100% perjaka Hobi : Otomotif,musik,komputer Slogan : belajar mati sebelum mati
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 04.07.08 16:36
gue udah lepasin per sendiri di rumah dgn modal kunci 10 dan 12 ..udah ampir 2 taun ampe sekarang ga ada apa2 yg pasti setel klep jd gampang trus tarikan jd aga ringan
Bro Jay Donatur KOSTER
Poin Brogader : 9685 Total Posan : 12680 Sejak : 09.08.07 Domisili : Jakarta - Bogor KorWil : JAXEL NRA : 0125 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 04.07.08 16:40
Oh gitu ya bro?
Thandyman BRIGJEN KOSTER
Poin Brogader : 5785 Total Posan : 1640 Sejak : 05.06.08 Domisili : Pandaan. Pasuruan. JaTim KorWil : Pandaan. Pasuruan NRA : 0244 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : married Hobi : Riding Slogan : You can't stand alone
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 04.07.08 17:10
Kayanya patut dicoba nih tapi bukan tanpa alasan kan pihak pabrik masang ntu per?? Mungkin pak Iwan nih yang bisa bantu sedikit pencerahannya.
belan LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6341 Total Posan : 541 Sejak : 03.03.07 Domisili : batam Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 04.07.08 17:13
nunggu pak iwan aja ahh,..
lolonmanson CATAM KOSTER
Poin Brogader : 6212 Total Posan : 1 Sejak : 17.04.07 Domisili : Bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : EN125 Sikon : perjaka
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 08.07.08 15:14
Thandyman wrote:
Kayanya patut dicoba nih tapi bukan tanpa alasan kan pihak pabrik masang ntu per?? Mungkin pak Iwan nih yang bisa bantu sedikit pencerahannya.
boleh juga tuh idenya kita tunggu apa kata pak iwan yg jelas motor sejak dilepas per rocker arm jadi enteng ampe sekarang ga ada masalah tuh...oke pak iwan tolong pencerahannya oke
wite KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5641 Total Posan : 63 Sejak : 12.11.08 Domisili : bandung Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : mahasiswa Hobi : ngukur jalan n maen di aspal
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 13.11.08 3:17
Per Rocker Arm yg ane dnger ktanya she memng tarikannya entengm klo d lepas, tpi klep agak berisik...bner gatuch???
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27444 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 13.11.08 5:03
not exist anymore wrote:
TIP: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125
Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. "Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1)," ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.
Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan (gbr. 2). "Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho," beber Boski, panggilan beken Kiky. KLIK - Detail
Menurutnya lagi, itu per bisa aja dilepas. Pendapat serupa juga dikatakan Mathius Martin, punggawa Kem’s Brother di Jl. H Asmawi, Depok, Jawa barat. “Saya sudah sering melakukan. Malah konsumen bilang, akselerasi lebih oke,” ujar pria ramah itu. Selain karena setelan klep lebih akurat, noken as berputar lebih enteng. KLIK - Detail
Malah, nggak cuma itu. Proses starter jadi lebih mudah. “Terutama kalau Thunder masih pakai kick starter, jadi enteng,” sahut Martin.
Membuka per rocker arm mudah. Pastikan piston di TMA (Titik Mati Atas) alias top. Setelah itu, buka baut penahan cap (penutup) head cylinder yang nempel ke rangka pakai kunci ring 12 mm (gbr. 3).
Oh ya, sedikit info biar nggak salah buka. Soalnya, blok mesin atas Thundie 125 terdiri dari tiga bagian. Blok seher, kepala silinder dan tutup kepala silinder. Jadi, yang perlu dibuka cukup atas aja atau cap. KLIK - Detail
Langkah berikut buka baut kepala silinder pakai kunci ring 10. Setelah cap lepas dari kepala silinder, buka dua baut as rocker arm, masih pakai kunci sama atau obeng kembang (gbr. 4). Namun baiknya, gunakan kunci ring agar baut nggak slek alias dol.
Jika sudah, baru copot as pelatuk klep dari dudukannya pakai tang. Setelah itu, baru deh per bisa dilepaskan. Memasang cap-nya, sama seperti membuka. Hanya saja, ini kebalikannya.
Ada yang udah pernah nyoba belum?
Apa? Apa tidak salah? Mari kita baca lagi pernyataan ini:
not exist anymore wrote:
Nggak sedikit mekanik umum yang mengeluh setel klep Suzuki Thunder 125. Karena ukuran kerenggangan katup isap dan buang kerap nggak sama. "Lantaran rocker arm klep buang dilengkapi per (gbr. 1), " ujar Kiky, mekanik Rizky Motor di Jl. Raya Peninggilan, No. 22, Ciledug, Tangerang.
Menurut saya itu mekanik sungguh keterlaluan!!! Apa dia tak pernah tahu bahwa, pada semua kendaraan bermotor, keregangan katup buang (exhaust valve) atau katup keluar (outlet valve) hampir selalu lebih lebar daripada katup isap (suction valve) atau katup masuk (inlet valve)?
Pada kendaraan kuno tahun 1950an atau 1960an mungkin masih sama atau lebih kurang sama keregangan masing-masing katup ini. Tapi pada kendaraan modern, hampir dapat dipastikan bahwa katup buang selalu lebih renggang daripada katup masuk. Aturan standar ini berlaku juga pada Suzuki Thunder 125, dan ini menjadi salah satu alasan mengapa katup buang Suzuki Thunder dilengkapi dengan per atau pegas lengan ayun (rocker arm spring), sebagai penjamin agar selalu terbuka lebih lebar daripada katup masuk, tapi tidak membuka dengan keregangan berlebihan (over clearance).
Pada Suzuki Thunder, keregangan katup buang lebih lebar daripada keregangan katup masuk, tapi katup masuk membuka lebih lama daripada katup buang. Tentang mengapa ini dibuat demikian, telah dijelaskan dalam banyak artikel saya dalam forum ini menyangkut kupas tuntas dan bedah mesin Suzuki Thunder, terutama mengenai termodinamika mesin 4-tak.
Keregangan katup Suzuki Thunder 125:
masuk: 0.03 s/d 0.07 mm, optimum 0,05 mm, maksimum 0,10 mm, durasi buka 272°
buang: 0.12 s/d 0.18 mm, optimum 0,15 mm, maksimum 0,20 mm, durasi buka 260°
Dengan kata lain, pada Suzuki Thunder 125, keregangan katup buang 1,5 s/d 2,0 x keregangan katup masuk.
Jadi, mekanik atau teknisi yang begitu tak usah didengar lagi tip dan trik, atau nasehat atau sarannya lebih lanjut, karena akan menyesatkan, dan mesin kendaraan Suzuki Thunder kesayangan anda akan jadi korban.
PEGAS LENGAN AYUN | ROCKER ARM SPRING DAN FUNGSINYA
Penggunaan per atau pegas (spring) apa pun pada kendaraan otomotiv memiliki 3 (tiga) fungsi utama, yakni sebagai:
penahan rentangan (strecth resistor) atau pembatas (limiter).
pembalik atau pengembali rentangan (strecth returner) atau pemulih (recoverer).
peredam getaran (vibraton redeemer) atau penyerap (absorber).
Dalam banyak hal, fungsi kedua dan ketiga adalah lebih dominan, sehingga disebut juga pegas balik (return spring) atau pegas redam (redeem spring).
Bisa anda bayangkan kalau mekanisme rem tak memiliki pegas balik, apa jadinya, dimana tentu kanvas rem akan lengket dan tak kembali ke posisi semula.
Contoh paling nyata adalah pegas pematah atau penyerap goncangan (shock absorber, shock breaker), dan tentu anda tahu sendiri akibatnya bila pegas peredam ini tak bekerja atau sudah lemah.
Nah, fungsi per atau pegas pada lengan ayun (rocker arm) dalam mekanisme katup atau klep (valve) mesin tak berbeda, hanya saja kerjanya tak bisa kita lihat secara langsung dan tak bisa kita rasakan secara langsung tanpa membuka kop mesin.
Jadi fungsi utama pegas lengan ayun (rocker arm spring) adalah sebagai pembalik pembukaan klep karena ungkitan tuas ungkit atau nok (cam) pada poros nok (cam shaft) dan sekaligus sebagai peredam getaran mesin yang diterima klep. Sementara itu kepegasan atau kekenyalan (elasticity) tutup-buka masing-masing klep itu sendiri ditangani oleh pasangan pegas dalam dan luar pada tiap tangkai klep. Dgn demikian, secara keseluruhan semua pegas dalam mekanisme klep berfungsi untuk membangkitkan kekenyalan dan meredam getaran, shg klep beroperasi melakukan tutup-buka dengan halus dan lembut, yang mana dengan tambahan minyak pelumas yang tepat akan samasekali meredam bunyi gesekan, dan yang terdengan paling suara ringan . . . cup . . . cup . . . cup . . .
Pengaturan dan penyetelan katup | klep silinder mesin Suzuki Thunder
Kerenggangan katup (valve clearance) terdapat di antara ujung tangkai katup dan sekrup penyetelan (adjusting screw) pada lengan ayun (rocker arm). Jika kerenggangannya melampaui batas maksimum, maka akan mengakibatkan timbulnya bunyi. Jika kerenggangan katup terlalu rapat, maka katup tidak dapat duduk dengan tepat dan mengakibatkan bocoran gas sehingga tenaga dihasilkan tak maksimum. Hal paling buruk dengan kerenggangan katup terlalu rapat adalah bahwa katup akan menyentuh kepala torak (zuiger, piston) dan dapat mengakibatkan kerusakan pada keduanya, yakni katup dan torak.
not exist anymore wrote:
Nah, karena per itu, maka rocker arm atau yang biasa disebut pelatuk klep terus tertekan. "Akhirnya, karena tekanan per bikin susah memastikan setelan klep meski sudah pakai filler gauge. Efek lainnya malah bikin baut setelan klep cepat aus, lho," beber Boski, panggilan beken Kiky.
Apanya yang susah? Koq teknisi tdk tahu teknik penyetelan klep dengan lengan ayun berpegas?
Pada penyetelan katup masuk (intake valve), penyetean dilakukan secara normal seperti biasa. Tapi pada katup buang (exhaust valve), karena terdapat pegas pada lengan ayun, maka saat melakukan penyetelan, lengan ayun harus lebih dulu diungkit dengan obeng pipih sambil memasukkan pencacah ketebalan (thickness gauge) atau "filler" antara sekrup penyetelan (adjusting screw) dan tangkai katup.
Akibat penyetelan katup yang longgar atau justeru rapat, katup tak membuka dan menutup secara sempurna, dan atau tak tepat waktunya, antara lain:.
buka-tutup katup | klep tak kenyal | pegas.
bunyi mesin kasar atau berisik.
katup | klep cepat aus atau rusak.
buka-tutup katup tak sinkron dgn pewaktuan penyulutan busi.
pembakaran cendrung tak sempurna.
ada pemborosan campuran gas dan atau tenaga,
putaran mesin stasioner tak rata atau sempurna.
putaran mesin pada kelajuan tinggi tak rata atau sempurna.
efiensi termodinamik merosot.
dll.
. . .
Semoga bisa dicerna dan bergnua . . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27444 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 13.11.08 7:43
dani^bejo wrote:
udah banyak yg di copot bro.....!!! n gak ada masalah.... aman2 aje..... fungsinya utk mempermudah setting klep...!! klu ada yg ngrasa motor lebih enak... paling itu cmn sugesti aje...... he..he..he.....
lo2nmanson wrote:
gue udah lepasin per sendiri di rumah dgn modal kunci 10 dan 12 ..udah ampir 2 taun ampe sekarang ga ada apa2 yg pasti setel klep jd gampang trus tarikan jd aga ringan
Menurut sebagian org, termasuk teknikan, keberadaan pegas lengan ayun (rocker arm spring) membikin susah penyetelan klep buang. Tp menurut saya itu hanya karena tdk tahu teknik bgmn melakukannya dgn baik dan benar sesuai prosedur panduan pemeliharaan Suzuki Thunder sbgmn disaranhkan oleh pabriknya.
Padahal kan secara teknik pegas tsb dipasang oleh perancangnya agar fungsinya mengatur buka-tutup klep sesuai dgn yg disyaratkan utk kesempurnaan pembuangan gas buang tanpa ada penyimpangan? Dan secara teknik keberadaan pegas tsb tak mengganggu penyetelan asalkan tahu teknik dan caranya.
Bisa jadi secara "visual" atau "emosional" tampak tak terjadi apa-apa dlm waktu cukup lama stlh pegas tsb dilepas. Tp yg nyata secara "teknikal" dan "rasional" tlh terjadi pemborosan tenaga dan rosot efisiensi yang tak secara langsung bisa dideteksi oleh mata. Jadi barometernya tak bisa hanya menggunakan perasaan atau penglihatan semata, tp hrs diukur menggunakan instrumentasi teknik sensitiv dan presisi. Dan sy yakin dgn pegas tsb mesin bekerja lbh sempurna drpd tanpanya,
Secara logikal, tindakan ini sangat tak bermanfaat. Hitung saja! Penyetelan klep, yg katanya dipermudah tsb, hanya dilakukan sesaat atau suatu waktu tertentu. Sementara itu, pegas tsb kerjanya setiap saat ketika kendaraan beroperasi sepanhang waktu. Jadi CBR (cost to benefit ratio) samasekali tak imbang alias nol besar. Pola manjemen apa ini?!
. . .
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27444 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 13.11.08 8:02
Thandyman wrote:
Kayanya patut dicoba nih tapi bukan tanpa alasan kan pihak pabrik masang ntu per?? Mungkin pak Iwan nih yang bisa bantu sedikit pencerahannya.
belan wrote:
nunggu pak iwan aja ahh,..
lolonmanson wrote:
boleh juga tuh idenya kita tunggu apa kata pak iwan yg jelas motor sejak dilepas per rocker arm jadi enteng ampe sekarang ga ada masalah tuh... oke pak iwan tolong pencerahannya oke
Sdh dijelaskan secara rinci dlm uraian pd pos sblmnya diatas. Terasa enteng atau ringan, itu ukuran "sensasional", dan bukan ukuran bahwa mesin Suzuki Thunder tsb bekerja dgn sempurna.
Kalau mau tahu pasti bedanya secara "teknikal", antara yg dengan pegas dan yg tanpa pegas. silahkan diujicoba di laboratorium dgn instrumen presisi.
Yg jelas Thunder sy dengan pegas tsb, msh bisa tembus kelajuan-puncak, diatas 120 km/hr, dengan konsumsi BBM super-irit, 60 s/d 90 km/liter.
Dan tak ada alasan bagi sy utk melepas pegas tsb, hanya utk sekedar kemudahan sementara melakukan penyetelan klep, dan sy tak punya kesulitan atau hambatan dgn keberadaan pegas tsb dlm melakukan penyetelan klep, . . . so what???!!! . . .
. . .
lo2nmanson SERTU KOSTER
Poin Brogader : 6176 Total Posan : 141 Sejak : 31.05.07 Domisili : Bandung-jombang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : thunder 125 Sikon : 100% perjaka Hobi : Otomotif,musik,komputer Slogan : belajar mati sebelum mati
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 03.03.09 13:24
dari :http://www.motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/576
Gasingan mesin Suzuki Thunder 125 pada putaran atas seringkali tersendat. Menurut Dwi Utomo, juragan bengkel Datz Motor di Jl. Meruya Ilir, Lapangan Bola, Jakarta Barat, memang dari pabrikannya dibuat penahan, berupa per pembalik di pelatuk klep buang (gbr. 1). Fungsinya bikin Thunder 125 makin irit saat digeber.
Bagi yang suka tarikan atas Thunder terasa lebih enteng, per pembalik itu bisa dicabut (gbr. 2). Sehingga gasingan mesin dari bawah ke tarikan atas makin yahud dan enteng.
“Di Thunder per pembalik mungkin oleh pabriknya agar bukaan gas buang tidak terlalu terbuka. Sehingga saat nutupnya juga lebih cepat,” ujar Dwi Utomo.
Itu berakibat tarikan bawah jadi dirasa agak berat.
Untuk mengentengkannya, per klep bisa dicopot. Karena fungsinya sekadar penahan. Caranya, buka dulu tutup kepala silinder pakai kunci 12. Selanjutnya copot. Tapi sebelumnya pindahkan ke posisi top yaitu pada posisi TMA (Titik Mati Atas). Setelah head terbuka kelihatan pelatuk klep dan per pembaliknya.
Langsung copot per pembaliknya. Gunakan tang untuk menarik as pemegang pelatuk (gbr. 3). Beres dan silakan pasang ulang. Dipastikan tarikan Thunder 125 makin enak saat digas.
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27444 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 03.03.09 13:34
Utk yg ingin melepas pegas klep buang silahkan . . . tak ada larangan . . .
BTW sampai saat ini sy pribadi tak merasa ada keperluan melepas pegas tsb . . . krn akselerasi bisa full RPM dan tembus top speed . . . dan kosumsi BBM iritnya bukan main . . .
. . .
FYI Bro Gerry K-39 KOSPAD sdh dilepas pegas klep buangnya . . . Ask him directly for the effects . . .
. . .
Dodik JeTC Panglima KOSTER
Poin Brogader : 6542 Total Posan : 7746 Sejak : 04.07.08 Domisili : Jember. JaTim KorWil : JeTC NRA : 0494 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : MR. BIG Sikon : dirumah double, diluar rumah ya single lah... Hobi : cari sodara
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125 03.03.09 16:56
gimana testimoni Om Gerry setelah per dilepas ???
sharing donk Om Gerr...
jadi penasaran neh...
kalo ga masalah boleh juga tuh...
apalagi tarikan jadi enteng..
Sponsored content
Subyek: Re: Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125
Q&A: Lepas Per Rocker Arm Klep Mesin Suzuki Thunder 125