Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistBlogToolBarRSS FeedCalendarPencarianFAQBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


Share | 
 

 PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 6813
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

PostSubyek: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   11.11.06 17:24


Hindari menggeber gas pada saat motor dalam kondisi stationer misalnya
ketika berhenti di lampu merah. Karena setiap gas ditarik, jarum skep di
karburator bakal naik dan bensin disemprotkan dari ruang pelampung. Jadi, motor tidak bergerak tapi bensin sudah terpakai.

Ketika motor berjalan, jangan sering stop & go, alias mengendurkan gas dann menggebernya kembali karena ketika tarikan awal mesin membutuhkan banyak bensin.

Pakai gigi sesuai kecepatan agar bensin tidak terkuras sia sia.

Periksa tekanan ban. Kalau ban kita kempes atau kurang angin, beban motor menjadi berat dan lebih mengkonsumsi banyak bensin.

Karburator harus bersih. Ukuran spuyer berdasarkan standard yang berlaku. Selain itu filter udara juga harus bersih. Jangan sampai tersumbat kotoran atau debu bisa-bisa campuran gas pembakaran menjadi kaya akibatnya boros bensin.

Buat penggemar knalpot racing, copot dulu ganti ke standard. Knalpot racing cenderung boros bahan bakar soalnya spuyer karburator ikut dinaikkan kalo kita pakai knalpot racing.

Pilih BBM di pom bensin yang bersih, alias tidak oplosan.

Jika tikungan, gunakan gigi yang lebih rendah (engine brake), namun jangan menarik gas terlalu besar jika sudah melewati tikungan. Boleh juga terapin gaya balap, yaitu cari jalan sependek-pendeknya. Di belokan ngerem sedikit dan lewati jalur bagian dalam.

Gantilah oli mesin secara rutin dan jangan lupa menggunakan pelumas oli
yang di rekomendasi. Perhatikan kapasitasnya, karena bila terlalu penuh dan kental akan menganggu putaran kruk as yang berakibat bensin boros.

Terakhir, service motor sobat secara rutin di bengkel resmi, dan
hindari modifikasi sehingga efisiensi kerja mesin tetap terjaga, BBM tetep
irit dan umur sparepart lebih panjang.

Ok selamat berhemat, sobat!

Credits to: TRC Forum

________________________________________
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
pecintamerahsejati
Mayor KOSTER
Mayor KOSTER


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 3583
Total Posan : 764
Sejak : 15.02.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0012
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : thunder bebex 70 cc
Sikon : geus kawin coiii
Hobi : -

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   21.02.07 10:38

gwe rasa kalo mau hemat nggak usah repot" kaya yg dianjurin dimas.....naikin aja tuh motor ke truk or tarik di angkot pasti hemat BBM...yoi nggak (BBM=Benar-benar mabok)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.depok.go.id
Admin
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 6459
Total Posan : 369
Sejak : 11.11.06
Domisili : Indonesia
KorWil : INDONESIA
NRA : 0000
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 dan 250
Sikon : Penunggang Suzuki Thunder
Hobi : Nurunin Pangkat Orang
Slogan : Cari di Google

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   21.02.07 10:58

Dengan ini saya nobatkan Brogader Anto (pecintamerahsejati) sebagai biangnya OOT di Forum...Semoga bro Anto lekas waras dan bisa mulai posting dengan baik dan benar di forum ini...

Terima kasih Melet lidah

________________________________________
ADMINISTRATOR
FORUM KOSTER

Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
nino 125
SERMA KOSTER
SERMA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Poin Brogader : 3619
Total Posan : 223
Sejak : 11.01.07
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125

PostSubyek: Tips Irit, Tapi Tetap Bisa Ngebut   22.11.07 22:44

Pengendara
sepeda motor di Jakarta, memang cenderung terprovokasi oleh situasi
lalu lintas yang nyaris selalu macet. Tak saja tergoda untuk menyelinap
di antara mobil-mobil mewah, pemotor biasanya juga ingin selalu kencang
meninggalkan kepadatan jalanan. Ketika menunggu lampu merah, juga
sering kali terjadi pemandangan 'menakjubkan.' Sekelompok pengendara
motor seakan saling bersiap di garis start arena balap. Dan suara
mesinpun menderu-deru, satu sama lain bagai memamerkan kemampuan
mesinnya.

Kebiasaan
memacu motor dan mengeber-ngeber gas seperti itu tak mereka sadari
sebagai keburukan yang sekurangnya berdampak pada borosnya konsumsi
bahan bakar minyak. Sejumlah tips ini bisa digunakan motorsit
menyiasati keinginan untuk jalan kencang tanpa harus mengonsumsi bensin
secara berlebihan.

- Hindari bukaan gas mendadak
Banyak pemotor di ibukota memilih gaya memacu motor bagai pembalap. Ini
tampak dari cara mereka memutar gas --pada stang kanan-- secara keras
dan sesekali melepasnya dengan diikuti mengerem tajam. Kegiatan itu
amat berbahaya bagi keselamatan diri dan pengguna kendaraan lain.

Sebab konsentrasi pada buka-tutup gas malah bisa menyirnakan
konsentrasi pengendaraan. Dan reflek pengereman pun bisa-bisa
terganggu. Kecelakaan dipastikan tak dapat dihindari. Perhatikan saja,
para pembalap pun tak pernah melakukan hentakan gas seperti itu.

Selain membahayakan, kegiatan tersebut akan menyedot banyak konsumsi
bensin terbakar dalam karburator tanpa hasil memadai. Artinya BBM boros
tanpa hasil berarti. Cobalah menggunakan gas secara halus namun tak
harus lambat. Dijamin konsumsi bensin motor Anda akan irit sesuai
spesifikasi mesin bersangkutan.

- Jangan berlebihan mainkan gas
Pernah memperhatikan pemotor saat berhenti di lampu merah? Ngeri dan
berisik kan. Ini jelas kebiasaan amat buruk. Selain memperburuk kondisi
polusi udara, kegiatan itu tak ada gunanya. Bensinpun jelas banyak
terbuang percuma.

Hentikan kebiasaan buruk ini karena sekaligus berarti menghemat
pemakaian bahan bakar. Kalau kelakuan sembrono itu karena alasan mesin
tak bisa hidup stasioner, lebih baik motor di tune-up atau sekurangnya
besarkan setelan gasnya. Bisa dilakukan di karburator atau pada kabel
gas.

Memainkan gas juga perlu dihindari kala memanaskan mesin di pagi hari.
Sama sekali tak ada gunanya mengeber gas untuk dugaan membuat mesin
cepat panas. Biarkan mesin hidup 15 menit di pagi hari, niscaya motor
segera siap dijalankan.

- Sesuaikan persneling dan kecepatan
Mungkin karena lelah atau jenuh berpuluh kilometer mengendarai motor,
pengendara acap malas memposisikan persneling sesuai dengan kecepatan
kendaraan roda duanya. Umumnya pemotor cuek dengan kecepatan rendah
sementara posisi gigi persneling masih tinggi. Bisa juga sebaliknya,
mesin telah menderu saat posisi gigi masih rendah.

Kebiasaan buruk lainnya, kala ingin menambah kecepatan, gas langsung
ditekan tanpa didahului penurunan posisi gigi. Lainnya adalah nekat
memindah gigi sementara putaran mesin masih tinggi. Semua itu bakal
menjadikan ringkihnya mesin dan lagi-lagi, bensin boros.

Mudah mengatasi kebiasaan buruk tersebut.

Pantau saja rpm dalam speedometer dan biasakan selalu memindah gigi
- baik turun maupun naik pada saat rpm di bawah angka 5 (berarti
senilai 5.000 rpm). Sementara bagi motor bebek yang tidak dilengkapi
rpm, lihat saja ukuran pada speedometer yang pasti terdapat petunjuk
angka gigi persneling yang direkomendasikan sesuai kecepatan.

- Selip kopling
Pemotor berkopling sering hanya memainkan (selip) kopling saat hendak
mendahului kendaraan lain. Demikian juga pemotor bebek yang hanya
menginjak separuh posisi persneling untuk kepentingan itu. Ini jelas
keliru, karena motor tak bertambah tenaga namun konsumsi bensin malah
bertambah besar.

Memang terasa ada hentakan bagai kecepatan bertambah, tapi kebiasaan
selip kopling malah bisa berdampak komponen tersebut cepat aus sebelum
waktunya. Turunkan posisi persneling kalau memang ingin mendapat tenaga
lebih besar saat akan mendahului kendaraan lain.(bid/berbagai sumber)
Kembali Ke Atas Go down
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3276
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   03.01.08 17:24

Betul tuh...infomasi yang sangat berguna :I Lop Koster:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
France Tivoz
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER


KEPALA DIVISI BAKTERI
Male Poin Brogader : 4033
Total Posan : 3535
Sejak : 02.10.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0206
Jabatan : KaDiv Bakteri
Thunder :
  • 125
  • 125 dan 250
Julukan : Red Bull
Sikon : unmeried
Hobi : Belajar
Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   03.01.08 17:32

Mencurigakan nehhh
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
ROBIN 151
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3354
Total Posan : 1394
Sejak : 27.10.07
Domisili : Bejat
KorWil : Bejat
NRA : 151
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : nikah
Hobi : alam bebas

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   03.01.08 17:36

Thanks bro!
tapi koq tulisanx agak buram ya...?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.robin.allysa@gmail.com
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 6813
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   03.01.08 17:54

udah gue itemin tuh postingannya si Nino

________________________________________
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
ROBIN 151
Kolonel KOSTER
Kolonel KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3354
Total Posan : 1394
Sejak : 27.10.07
Domisili : Bejat
KorWil : Bejat
NRA : 151
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : nikah
Hobi : alam bebas

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   03.01.08 18:17

Mantappp Bro!
dah mimin...
Kembali Ke Atas Go down
http://www.robin.allysa@gmail.com
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3276
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   03.01.08 18:45

Thanks bro!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
king syahriar
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3292
Total Posan : 317
Sejak : 08.12.07
Domisili : Surakarta Hadiningrat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 bro
Sikon : perjaka
Hobi : Main Game, Nonton Film, nOngkrOng, tOuring

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   03.01.08 19:05

Eh aku punya tips lagi nih. Naikin aja motor kalian ke kereta. Dijamin bensin irit bangett n cuepet lagi. Ngupil
Kembali Ke Atas Go down
http://king.syahriar@yahoo.co.id
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3276
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   07.01.08 18:08

king syahriar wrote:
Eh aku punya tips lagi nih. Naikin aja motor kalian ke kereta. Dijamin bensin irit bangett n cuepet lagi. Ngupil

Iya tapi kereta nya gak gak lewat kantor sama rumah gw, jadi tetep aja ngga irit ya
Nyesel abisss
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24754
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   12.03.08 5:17

TIP HEMAT BBM - SUDAH TERUJI DAN TERBUKTI

Mau menghemat BBM? Berikut adalah 15 (limabelas) tip yg tlh teruji dan terbukti, mutlak hrs anda lakukan bila moto anda ingin efisien dan efektiv.

Ada 15 (limabelas)??? Banyak sekali!?

Ya, kalau mau super irit spt Thundie sy yg bisa mencapai 90 km/liter justeru pd speed 120 km/jam!

Minimum butir 1 s/d 10 hrs anda terapkan pd Thundie anda utk konsumsi BBM irit s/d 60 km/liter.


Berikut adalah tip irit BBM bisa anda lakukan.
  • Jangan melakukan akselerasi|ngegas bila tak dibutuhkan, krn akan membuang BBM secara percuma.

  • Gunakan gigi (gear, verseneling) utk RPM dan speed yg sesuai, shg tenaga mesin digunakan sesuai dgn ukurannya dan tak ada tenaga terbuang sia-sia.

  • Senantasa pelihara dan jaga moto anda dlm kondisi prima! Tiap bagian bergerak hrs diberi pelumas yg sesuai secara tepat [oli, minyak, gemuk, zat aditiv, anti-karat|korosi].

  • Pelumasan mesin hrs optimum. Gunakan oli dgn kekentalan|viskositas tinggi dan bisa mengikuti perubahan suhu|temperatur mesin dan cuaca dgn baik [SAE 10- 50, atau 20- 40].

  • Tegangan rantai harus optimum, dan rantai harus selalu bersih dan diberi pelumas anti-karat|korosi.

  • Tekanan ban depan-belakang harus tetap optimum, tak boleh kurang angin. Jangan gunakan ban dgn tapak terlalu lebar.

  • Tubuh kendaraan hrs aerodinamik, bisa menyalurkan aliran angin dr depan ke belakang dgn baik. Kalau menggunakan perisai|tameng-angin (wind-shield), gunakan yg memiliki bentuk sportiv atau aerodinamik, shg tak menghambat aliran angin. Kalau memungkinkan, pd tubuh kendaraan gunakan "fairing".

  • Saringan|filter udara, BBM, dan oli hrs bersih dan bekerja optimum, shg tak ada hambatan utk, baik udara maupun BBM, dlm memasuki karburator, dan oli memasuki mesin.

  • Campuran udara dan gas BBM dlm karburator optimum, tak terlalu kaya dan tdk terlalu miskin. Stel celah masuk campuran gas karburator sebaik mungkin, shg mesin tdk mati krn kekurangan catu BBM dan tak ada BBM yg terbuang krn tak terpakai.

  • Pembukaan katup|klep (valve), baik masuk (intake) maupun buang (exhaust), harus optimum, tak terlalu lebar dan tak terlalu sempit. Stel buka-tutup klep sebaik mungkin.

  • Pengapian|penyalaan (ignition) harus optimum. Gunakan CDI (capacitor discharge ignition) dan koil yg sesuai, dan juga busi (bougie, spark-plug) yg sesuai dgn setelan celah vonk (spark gap) antar elektroda optimum, shg koil menghasil tegangan listrik tertinggi dan busi menghasilkan percikan bunga-api listrik terbaik.

  • Utk kendali aliran BBM dr tanki ke karburator, gunakan fuel-flow booster utk aliran BBM, antara tanki dan saringan|filter BBM. Gunanya utk mengoptimumkan kerapatan|densitas molekul BBM, shg kadar BBM per satuan volume ruang jadi optimum.

  • Utk peningkatan pengapian|penyalaan busi, gunakan sparking-up booster utk busi, antara koil dan busi. Gunanya utk meningkatkan arus dan atau tegangan listrik antar elektroda busi.

  • Utk bagian dalam mesin, gunakan zat additiv, gel pelapis permukaan logam, shg gesekan|friksi antar permukaan logam|metal mesin, terutama antara piston dan dinding silinder, bisa diperkecil menjadi minimum.

  • Utk optimasi pembakaran (combustion) campuran gas BBM dan udara dlm kamar bakar mesin (engine combustion chamber), gunakan zat aditiv sbg katalisator, shg campuran tsb dibakar sempurna dlm kala waktu pembakaran (combustion time period), tak ada yg tak terbakar shg terbuang ke knalpot.

Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, dijamin Suzuki Thunder anda hemat BBM.

Konsumsi BBM Suzuki Thunder, normal antara 35 s/d 55 km/liter, atau rerata 45 km/liter, bergantung sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara. Dibawah 35 km/liter adalah boros, 45 km/liter adalah normal, dan diatas 55 km/liter adalah irit.

Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, Suzuki Thunder saya, berusia 22 bln atau 1 thn 10 bln. Konsumsi BBM antara 50 s/d 90 km/liter, atau rerata 70 km/liter, alias super irit.
  • 50 s/d 60 km/liter, utk 30 s/d 60 km/jam, sikon jalan macet, jalan rusak.
  • 60 s/d 75 km/liter, utk 60 s/d 90 km/jam, sikon jalan normal.
  • 70 s/d 90 km/liter, utk 90 s/d 120 km/jam, sikon jalan sepi, luar kota, touring, kelajuan tinggi.
Tampak tak mungkin, tp fakta nyata di lapangan, dan telah diuji selama hampir 1 thn, dan terbukti irit.

Tp BTW, tak mudah memenuhi 15 syarat diatas, krn dibutuhkan kebiasaan dan kedisiplinan tinggi.



JANGAN PERNAH ... KECUALI ...

Ada satu kebiasaan yg selalu sy lakukan, tiap hari dan tiap melakukan perjalanan, tp blm tentu bisa dilakukan oleh tiap org, yakni, sy selalu menyetel debet (volume per satuan waktu) aliran campuran gas BBM dan udara di karburator, sesuai sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara.
  • minimum, idle 500 RPM, pengiritan maksimum BBM tanpa membuat mesin mati pd siang hari.
  • optimum, idle 1.000 RPM, normal, komprimistik.
  • maksimum, idle 1.500 RMP, pengisian aki terbaik pd malam hari ketika pemakaian listrik maksimum.

Penyetelan ini butuh kepekaan|sensitivitas teknik. Sy menggunakan bunyi mesin dan RPM sbg ukuran stelan.

BTW, utk yg awam perihal teknik, jangan pernah ubah stelan karburator anda kalau sdh optimum, krn riskan dan berbahaya.
  • kalau kekecilan, moto anda bisa mati mendadak ketika berada di depan atau menyalip kendaraan lain, shg anda ditabrak.
  • kalau kebesaran, moto anda akan kekecangan dan bisa diluar kendali shg anda yg menabrak, atau mesin anda kepanasan.

Intinya, kalau anda bisa tetap menjaga konsumsi rerata BBM Thundie anda sekitar 50 s/d 55 km/liter, itu sdh baik.

Kita boleh berhemat, tp jangan pernah sampai jadi pelit apalagi kikir .. !!

...

Berikut adalah bbrp artikel terkait dlm forum ini, dlm topik:
  • KONSUMSI BENSIN THUNDIE
  • TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
  • SPARK-PLUG BOOSTER
  • BOOSTER SUZUKI THUNDER

  • TEKANAN ANGIN BAN
  • DAMPAK KEKURANGAN TEKANAN ANGIN BAN ATAU KEMPES BAN
  • KAPAN HARUS GANTI BAN
  • PENGARUH UBAHAN UKURAN BAN
  • BERAPA PERSENTASI PERUBAHAN BAN DIPERKENANKAN?
  • KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER
  • KONSEKUENSI PERUBAHAN BAN TERHADAP SPEEDOMETER DAN ODOMETER

  • TRANSMISI KELAJUAN THUNDER, RPM DAN KMPH

  • PENGETAHUAN DASAR TEKNOLOGI OTOMOTIV UTK MODIFIKASI
  • DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS

  • KAPAN MUSTI GANTI OLI

  • SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
  • BAHAYA MENGELITIK AKIBAT BBM BURUK
  • MESIN MENGELITIK
  • STELAN KLEP THUNDIE

  • PANAS APA 'PANAS'???
  • MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER
  • BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER

  • ISTILAH TEKNIK OTOMOTIV
...

Semoga berguna dan bermanfaat ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Supriyadi Restiyawan
Mayor KOSTER
Mayor KOSTER


SEKUM I
Male Poin Brogader : 3476
Total Posan : 743
Sejak : 30.10.07
Domisili : LeuwiLiang. Bogor
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0132
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : Single
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   12.03.08 8:04

Wow...! Wow...! Tepok tangan Mantappp Bro! Mantappp Bro! Mantappp Bro!
Kembali Ke Atas Go down
DarkCloud
SERDA KOSTER
SERDA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3276
Total Posan : 117
Sejak : 19.12.07
Domisili : Jakarta--Kalisari
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Hitam Taon 07
Sikon : Beristri
Hobi : Netting, Touring

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   12.03.08 8:18

Hebat dan dashyat betul tips nya Tepok tangan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.banknisp.com
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6995
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   12.03.08 8:25

king syahriar wrote:
Eh aku punya tips lagi nih. Naikin aja motor kalian ke kereta. Dijamin bensin irit bangett n cuepet lagi. Ngupil

heheh...aya2 wae..

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6995
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   12.03.08 8:34

touring touring Motor gila

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Dhanny
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3421
Total Posan : 572
Sejak : 03.12.07
Domisili : Bandung - Garut
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Sijalu
Sikon : Menikah
Hobi : SepakBola

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   13.03.08 14:06

Ati ati di jalan!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.abdidani.wordpress.com
blackwarrior
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3575
Total Posan : 316
Sejak : 03.04.07
Domisili : batavia
KorWil : Selatan Jakarta
NRA : 027
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 250
Sikon : high quality jomblo, keren, biker ganteng
Hobi : touring, adventure
Slogan : Jalani Hidup Dengan Belajar Dari Kehidupan

PostSubyek: BBM NAIK? PAKE JURUS HEMAT!   08.05.08 14:51

Rencananya pemerintah akan menaikkan harga BBM bulan depan, untuk itu ada baiknya sedulur's mulai siap-siap melakukan penghematan BBM..
Berikut trik dan tips untuk hemat BBM, :

  • Ganti velg & ban profil lebar dan berat ke ukuran yang lebih kecil, atau standar. Velg dan ban profil lebar dan besar kalo diaplikasi ke Thundie 125 bikin "teriak" mesin dan boros bensin.Karena harus bekerja extra dengan body thundie yang berat plus velg dan ban yg lebar. Kasian kan thundie mu....
  • ganti knalpot racing dengan knalpot standar, karena knalpot standar lebih hemat BBM dan tidak berisik dibandingkan dengan knalpot model racing yang jelas-jelas bising, bikin polusi, dan bikin boros BBM. Tau nggak?knalpot "model racing" cuma menambah power 0,sekian persen.
  • Perbaiki gaya riding yang biasa betot ulur gas, mbejek gas sampe mentok,... biasakan mengurut gas sesuai rpm. karena dengan stop n go, konsumsi bensin jadi lebih boros. Hindari jalan macet.
  • rajin servis berkala, rawat karbu dan mesin.
  • Jangan memanaskan mesin lebih dari 3 menit, bila kelamaan dipanaskan, berakibat bensin menjadi boros.
  • Jangan mainkan gas di lampu merah, dengan menekan kopling. Lebih baik netralkan saja.
Semoga bermanfaat buat bro semua....




ADHI "BLACWARRIOR" MULIA
027
KOSTER JAKSEL
BAND OF BROTHERS
COLONEL GESSIE "WILD BULL" 250 X B 6979 KDE

FOREVER THUNDER, THUNDER FOREVER
RIDE TO LOVE, CARE & PEACE

Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
king syahriar
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3292
Total Posan : 317
Sejak : 08.12.07
Domisili : Surakarta Hadiningrat
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 bro
Sikon : perjaka
Hobi : Main Game, Nonton Film, nOngkrOng, tOuring

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   08.05.08 15:01

Tengkyu bro. Mungkin ada nyang mau nambahin?
Kembali Ke Atas Go down
http://king.syahriar@yahoo.co.id
Bro Jay
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 6995
Total Posan : 12680
Sejak : 09.08.07
Domisili : Jakarta - Bogor
KorWil : JAXEL
NRA : 0125
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125 dan 250
Julukan : 125: REMO + 250: L'BANDITO
Sikon : merit
Hobi : Adventure
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   08.05.08 15:11

blackwarrior wrote:
Rencananya pemerintah akan menaikkan harga BBM bulan depan, untuk itu ada baiknya sedulur's mulai siap-siap melakukan penghematan BBM..
Berikut trik dan tips untuk hemat BBM, :

  • Ganti velg & ban profil lebar dan berat ke ukuran yang lebih kecil, atau standar. Velg dan ban profil lebar dan besar kalo diaplikasi ke Thundie 125 bikin "teriak" mesin dan boros bensin.Karena harus bekerja extra dengan body thundie yang berat plus velg dan ban yg lebar. Kasian kan thundie mu....
  • ganti knalpot racing dengan knalpot standar, karena knalpot standar lebih hemat BBM dan tidak berisik dibandingkan dengan knalpot model racing yang jelas-jelas bising, bikin polusi, dan bikin boros BBM. Tau nggak?knalpot "model racing" cuma menambah power 0,sekian persen.
  • Perbaiki gaya riding yang biasa betot ulur gas, mbejek gas sampe mentok,... biasakan mengurut gas sesuai rpm. karena dengan stop n go, konsumsi bensin jadi lebih boros. Hindari jalan macet.
  • rajin servis berkala, rawat karbu dan mesin.
  • Jangan memanaskan mesin lebih dari 3 menit, bila kelamaan dipanaskan, berakibat bensin menjadi boros.
  • Jangan mainkan gas di lampu merah, dengan menekan kopling. Lebih baik netralkan saja.

Semoga bermanfaat buat bro semua....




ADHI "BLACWARRIOR" MULIA
027
KOSTER JAKSEL
BAND OF BROTHERS
COLONEL GESSIE "WILD BULL" 250 X B 6979 KDE

FOREVER THUNDER, THUNDER FOREVER
RIDE TO LOVE, CARE & PEACE


apa yang disampaikan diatas oleh bro adhi, disamping tips untuk irit bensin, juga irit duit ya...hehe soalnya khan beli veleg lebar dan ban lebar tu ngeluarin duit, hehe....
tapi yang pasti lebih ramah lingkungan dan jauh dari arogansi...

siip lah black warrior

________________________________________
Regards,
Bro Jay

Div. Entertainment KOSTER
NRA : K-125 or K19-02
081584121048 / 08119840548
email : nazar.mardianto@suzuki-thunder.com (koster)
nazarjajay@yahoo.com (fs & ym)
nmardianto@marathonoil.com (office)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.friendster.com/12256862
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24754
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   08.05.08 16:32

mmhhhh...mikir... BTW . . . Thundie sy msh super-irit. Sbg tambahan utk tip diatas dari Bro Adhi, ada bbrp tambahn tip lain yg juga cukup signifikan dr sy.

lama amat yach... Dampak yg pasti adalah bahwa akan makin bayak pengemudi mobil pribadi beralih ke spdmotor. Jadi KOSTER hrs siap kedatangan para new bikers yg selama ini bermobil . . . ha ha ha . .


Konsumsi BBM Suzuki Thunder 125 | 250, normal adalah antara 35 s/d 55, dimana dibawah 35 adalah boros dan diatas 55 adalah irit, bergantung pd a.l.:
  • kondisi kendaraan: oli, pelumas lainnya, setting karburator, busi, pengapian, rantai, ban, berat kendaraan plus beban, dll.
  • kondisi jalan: rata atau bergelombang, baik atau rusak, lancar atau macet, dll.
  • cara mengemudikan kendaraan: halus atau kasar, konstan atau sering ngegas, bagaimana memindah gigi | verseneling, dll.
Kalau Thundie saya sejak dulu pakai Premium [krn lbh murah, padahal semestinya Pertamax] dan relativ irit antara 60 s/d 75 km/liter, dan pernah mencapai 80 s/d 90 km/liter, krn pakai multiple technology treatment utk:
  • mesin | engine: FFI combustion catalisator.
  • pengapian | ignition: NUFTON superconductor spark-plug booster.
  • BBM | fuel: instant accelerator plus kudo.
  • oli | lubricant: hexon.
  • kendaraan selalu dlm kondisi prima, baik permesinan maupun kelistrikan.
Seboros2nya Thundie saya, krn penurunan kondisi kendaraan dan kondisi jalan dll, masih antara 50 s/d 60 km/liter.


TIP HEMAT BBM - SUDAH TERUJI DAN TERBUKTI

Mau menghemat BBM? Berikut adalah 15 (limabelas) tip yg tlh teruji dan terbukti, mutlak hrs anda lakukan bila moto anda ingin efisien dan efektiv.

Ada 15 (limabelas)??? Banyak sekali!?

Ya, kalau mau super irit spt Thundie sy yg bisa mencapai 90 km/liter justeru pd speed 120 km/jam!

Minimum butir 1 s/d 10 hrs anda terapkan pd Thundie anda utk konsumsi BBM irit s/d 60 km/liter.


Berikut adalah tip irit BBM bisa anda lakukan.
  • Jangan melakukan akselerasi|ngegas bila tak dibutuhkan, krn akan membuang BBM secara percuma.

  • Gunakan gigi (gear, verseneling) utk RPM dan speed yg sesuai, shg tenaga mesin digunakan sesuai dgn ukurannya dan tak ada tenaga terbuang sia-sia.

  • Senantasa pelihara dan jaga moto anda dlm kondisi prima! Tiap bagian bergerak hrs diberi pelumas yg sesuai secara tepat [oli, minyak, gemuk, zat aditiv, anti-karat|korosi].

  • Pelumasan mesin hrs optimum. Gunakan oli dgn kekentalan|viskositas tinggi dan bisa mengikuti perubahan suhu|temperatur mesin dan cuaca dgn baik [SAE 10- 50, atau 20- 40].

  • Tegangan rantai harus optimum, dan rantai harus selalu bersih dan diberi pelumas anti-karat|korosi.

  • Tekanan ban depan-belakang harus tetap optimum, tak boleh kurang angin. Jangan gunakan ban dgn tapak terlalu lebar.

  • Tubuh kendaraan hrs aerodinamik, bisa menyalurkan aliran angin dr depan ke belakang dgn baik. Kalau menggunakan perisai|tameng-angin (wind-shield), gunakan yg memiliki bentuk sportiv atau aerodinamik, shg tak menghambat aliran angin. Kalau memungkinkan, pd tubuh kendaraan gunakan "fairing".

  • Saringan|filter udara, BBM, dan oli hrs bersih dan bekerja optimum, shg tak ada hambatan utk, baik udara maupun BBM, dlm memasuki karburator, dan oli memasuki mesin.

  • Campuran udara dan gas BBM dlm karburator optimum, tak terlalu kaya dan tdk terlalu miskin. Stel celah masuk campuran gas karburator sebaik mungkin, shg mesin tdk mati krn kekurangan catu BBM dan tak ada BBM yg terbuang krn tak terpakai.

  • Pembukaan katup|klep (valve), baik masuk (intake) maupun buang (exhaust), harus optimum, tak terlalu lebar dan tak terlalu sempit. Stel buka-tutup klep sebaik mungkin.

  • Pengapian|penyalaan (ignition) harus optimum. Gunakan CDI (capacitor discharge ignition) dan koil yg sesuai, dan juga busi (bougie, spark-plug) yg sesuai dgn setelan celah vonk (spark gap) antar elektroda optimum, shg koil menghasil tegangan listrik tertinggi dan busi menghasilkan percikan bunga-api listrik terbaik.

  • Utk kendali aliran BBM dr tanki ke karburator, gunakan fuel-flow booster utk aliran BBM, antara tanki dan saringan|filter BBM. Gunanya utk mengoptimumkan kerapatan|densitas molekul BBM, shg kadar BBM per satuan volume ruang jadi optimum.

  • Utk peningkatan pengapian|penyalaan busi, gunakan sparking-up booster utk busi, antara koil dan busi. Gunanya utk meningkatkan arus dan atau tegangan listrik antar elektroda busi.

  • Utk bagian dalam mesin, gunakan zat additiv, gel pelapis permukaan logam, shg gesekan|friksi antar permukaan logam|metal mesin, terutama antara piston dan dinding silinder, bisa diperkecil menjadi minimum.

  • Utk optimasi pembakaran (combustion) campuran gas BBM dan udara dlm kamar bakar mesin (engine combustion chamber), gunakan zat aditiv sbg katalisator, shg campuran tsb dibakar sempurna dlm kala waktu pembakaran (combustion time period), tak ada yg tak terbakar shg terbuang ke knalpot.

Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, dijamin Suzuki Thunder anda hemat BBM.

Konsumsi BBM Suzuki Thunder, normal antara 35 s/d 55 km/liter, atau rerata 45 km/liter, bergantung sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara. Dibawah 35 km/liter adalah boros, 45 km/liter adalah normal, dan diatas 55 km/liter adalah irit.

Dgn menerapkan 15 butir tip diatas secara konsisten, Suzuki Thunder saya, berusia 22 bln atau 1 thn 10 bln. Konsumsi BBM antara 50 s/d 90 km/liter, atau rerata 70 km/liter, alias super irit.
  • 50 s/d 60 km/liter, utk 30 s/d 60 km/jam, sikon jalan macet, jalan rusak.
  • 60 s/d 75 km/liter, utk 60 s/d 90 km/jam, sikon jalan normal.
  • 70 s/d 90 km/liter, utk 90 s/d 120 km/jam, sikon jalan sepi, luar kota, touring, kelajuan tinggi.
Tampak tak mungkin, tp fakta nyata di lapangan, dan telah diuji selama hampir 1 thn, dan terbukti irit.

Tp BTW, tak mudah memenuhi 15 syarat diatas, krn dibutuhkan kebiasaan dan kedisiplinan tinggi.



JANGAN PERNAH ... KECUALI ...

Ada satu kebiasaan yg selalu sy lakukan, tiap hari dan tiap melakukan perjalanan, tp blm tentu bisa dilakukan oleh tiap org, yakni, sy selalu menyetel debet (volume per satuan waktu) aliran campuran gas BBM dan udara di karburator, sesuai sikon kendaraan, jalan, dan cara berkendara.
  • minimum, idle 500 RPM, pengiritan maksimum BBM tanpa membuat mesin mati pd siang hari.
  • optimum, idle 1.000 RPM, normal, komprimistik.
  • maksimum, idle 1.500 RMP, pengisian aki terbaik pd malam hari ketika pemakaian listrik maksimum.

Penyetelan ini butuh kepekaan|sensitivitas teknik. Sy menggunakan bunyi mesin dan RPM sbg ukuran stelan.

BTW, utk yg awam perihal teknik, jangan pernah ubah stelan karburator anda kalau sdh optimum, krn riskan dan berbahaya.
  • kalau kekecilan, moto anda bisa mati mendadak ketika berada di depan atau menyalip kendaraan lain, shg anda ditabrak.
  • kalau kebesaran, moto anda akan kekecangan dan bisa diluar kendali shg anda yg menabrak, atau mesin anda kepanasan.

Intinya, kalau anda bisa tetap menjaga konsumsi rerata BBM Thundie anda sekitar 50 s/d 55 km/liter, itu sdh baik.

Kita boleh berhemat, tp jangan pernah sampai jadi pelit apalagi kikir .. !!

...

Berikut adalah bbrp artikel terkait dlm forum ini, dlm topik:
  • KONSUMSI BENSIN THUNDIE
  • TEKNOLOGI PENGIRIT BBM | PENINGKAT KINERJA MESIN
  • SPARK-PLUG BOOSTER
  • BOOSTER SUZUKI THUNDER

  • TEKANAN ANGIN BAN
  • DAMPAK KEKURANGAN TEKANAN ANGIN BAN ATAU KEMPES BAN
  • KAPAN HARUS GANTI BAN
  • PENGARUH UBAHAN UKURAN BAN
  • BERAPA PERSENTASI PERUBAHAN BAN DIPERKENANKAN?
  • KALKULASI UKURAN BAN SUZUKI THUNDER
  • KONSEKUENSI PERUBAHAN BAN TERHADAP SPEEDOMETER DAN ODOMETER

  • TRANSMISI KELAJUAN THUNDER, RPM DAN KMPH

  • PENGETAHUAN DASAR TEKNOLOGI OTOMOTIV UTK MODIFIKASI
  • DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS

  • KAPAN MUSTI GANTI OLI

  • SUZUKI THUNDER SEMUSTINYA PAKAI PERTAMAX! BUKAN PREMIUM!
  • BAHAYA MENGELITIK AKIBAT BBM BURUK
  • MESIN MENGELITIK
  • STELAN KLEP THUNDIE

  • PANAS APA 'PANAS'???
  • MEMAHAMI MESIN SUZUKI THUNDER
  • BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER

  • ISTILAH TEKNIK OTOMOTIV
...

Semoga berguna dan bermanfaat ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
buyung
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3778
Total Posan : 4508
Sejak : 04.05.08
Domisili : PAMULANG
KorWil : TANG-SEL
NRA : 0237
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : menikah
Hobi : TIDUR
Slogan : Jadilah diri sendiri

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   08.05.08 22:33

naik lagi.....naik lagi.....,tpi gaji ga naek-naek nangis...
============== :orang pintar:
Salam KOSTER
Buyung
B 6857 NWC
08561431301
02198099317
YM :
===============
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24754
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   08.05.08 23:18

gaptekbyg wrote:
naik lagi.....naik lagi.....,tpi gaji ga naek-naek nangis...

mmhhhh...mikir... Bro, bilang dong ame bos ente begini:

"little little me, little little me, salary I not up up. You speak zero Bos!"

Artinya: "dikit-dikit saya, dikit-dikit saya, gaji saya nggak naik-naik. Anda omong kosong Bos!" . . . :gigi rontok:

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
buyung
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3778
Total Posan : 4508
Sejak : 04.05.08
Domisili : PAMULANG
KorWil : TANG-SEL
NRA : 0237
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : menikah
Hobi : TIDUR
Slogan : Jadilah diri sendiri

PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   11.05.08 12:46

:Go Koster!: :Go Koster!: Bendera Indonesia
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Sponsored content




PostSubyek: Re: PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM   Today at 17:36

Kembali Ke Atas Go down
 
PERFORMA: TIP: Hemat dan Irit BBM
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Performa Suzuki Thunder-
Navigasi: