Subyek: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 5:10
First topic message reminder :
HATI-HATI, JANGAN ASAL MELAKUKAN MODIFIKASI, ... RISKAN KECELAKAAN
Kasus paling banyak terjadi adalah bahwa kendaraan, khususnya spdmotor, labil bila berboncengan, dan kerap kehilangan stabilitas ketika belok atau menikung ... ... ...
Sebabnya adalah stlh mengalami modifikasi, terutama perubahan pd tubuh kendaraan, pusat stabilitas kendaraan bergeser dr posisi semula, shg kendaraan tak lagi dpt dikendalikan dengan sempurna ...
DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN
DISAIN KENDARAAN ATAS DASAR KOMPUTASI AKURAT
Suatu kendaraan dirancang oleh pabrikan dgn suatu perhitungan teknik sangat matang dan akurat, utk stabilitas, kelajuan, kemampuan, keamananan, dan kenyamanan pengendara dan penumpang. Termasuk spdmotor.
BERAT | BOBOT | MASA KENDARAAN
Berkaitan dgn stabilitas kendaraan, ada hubungan langsung antara bobot atau masa (mass) tubuh kendaraan [tanpa dan dgn pengendara, tanpa dan dgn penumpang, tanpa dan dgn beban | muatan] dan kelajuan kendaraan.
UKURAN | DIMENSI KENDARAAN
Bobot ini juga berhubungan langsung dgn ukuran | dimensi fisik [panjang, lebar, dan tinggi] kendaraan, dan dgn bahan | material digunakan tubuh kendaraan.
TITIK BERAT | PUSAT BOBOT | PUSAT MASA SEBAGAI ... .... ... PUSAT KESEIMBANGAN | PUSAT STABILITAS KENDARAAN
Secara keseluruhan, dlm kaitannya dgn bobot ini, pd tubuh kendaraan terdapat satu titik, yg secara teknik disebut sbg "titik berat", "pusat bobot" atau "pusat masa" (center of mass). Dr titik mana, ke semua arah dlm jarak berbeda, dlm kendaraan tsb, adalah sama bobotnya. Krn itu titik ini disebut juga "pusat keseimbangan" (center of balance) atau pusat stabilitas (center of stability).
PERGESERAN TITIK BERAT | PUSAT KESEIMBANGAN
Ketika tubuh kendaraan dimodifikasi, maka kendaraan mengalami perubahan fisik, dlm ukuran | dimensi dan dlm bobot | masa. Dan dengan sendirinya terjadi perubahan, dlm arti pergeseran posisi titik berat atau pusat masa. Bisa bergeser ke depan, atau ke belakang, atau ke atas, atau ke bawah, atau ke kiri, atau ke kanan. Dgn demikian, pusat keseimbangan pun bergeser, alias stabilitas kendaraan berubah. Jika pergeseran ini terlalu jauh atau melenceng, maka stabilitas kendaraan terganggu, alias kendaraan menjadi labil atau tak stabil, terutama ketika belok atau menikung.. Dan ini sangat berbahaya bagi pengendara, dan tentu juga penumpang.
... ... ...
Terakhir diubah oleh tanggal 22.11.07 5:41, total 3 kali diubah
Pengirim
Message
Heri LETJEN KOSTER
Total Posan : 2503 Sejak : 13.11.06
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 29.11.07 10:46
???? HAH
[BOETHO] Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7007 Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07 Domisili : Trenggalek - Bogor KorWil : Bogor NRA : 0013 Jabatan : Ang. Pendiri Thunder :
125
Julukan : Big Black Beauty Sikon : MENGERIKAN.... Hobi : MANASIN ORANG Slogan : ADA APA YAH...??
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 29.11.07 16:49
chikendance
Thunder.Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 8203 Total Posan : 252 Sejak : 07.12.07 Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 07.12.07 7:38
Bro ... paling enak mengendarai spdmotor itu kalau spdmotor tsb sangat stabil ... ... mau kemana haja ... hayo ... mau naik ... mau turn ... mau miring ... mau tegak ... cepat atau lambat pasti mantap ... !!!
KzmX Mayor KOSTER
Poin Brogader : 5947 Total Posan : 703 Sejak : 10.12.07 Domisili : Cirebon Kota Udang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250+750 Sikon : Jomblo
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 04.01.08 18:15
Cara mengetahui besarnya gravity centre gimana yak???
belan LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6310 Total Posan : 541 Sejak : 03.03.07 Domisili : batam Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 04.01.08 19:22
Rendy 133 Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6222 Total Posan : 3594 Sejak : 25.07.07 Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur KorWil : BEJAT NRA : 0133 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : 125 Black&Black Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871 Hobi : keep for brothers...... Slogan : it's me
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 05.01.08 11:55
king syahriar PELTU KOSTER
Poin Brogader : 5951 Total Posan : 317 Sejak : 08.12.07 Domisili : Surakarta Hadiningrat Jabatan : Ang. Forum Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 10.01.08 18:20
KzmX wrote:
Cara mengetahui besarnya gravity centre gimana yak???
... center of gravity atau sentrum gravitas artinya pusat berat, dimana dr titik tsb ke segala arah berat kendaraan adalah sama, dan letaknya lebih kurang di tengah2 badan kendaraan. Dgn kata lain jika kendaraan digantung dgn tali baja pd titik tsb, maka posisi kendaraan seimbang, tak oleng ke kiri atau ke kanan dan tak oleng ke depan atau ke belakang.
Jika ada modifikasi shg bagian belakang lbh berat, mk dgn sendirinya titik ini akan bergeser ke arah belakang, dan sebaliknya, dan ini berimplikasi pd stabilitas kendaraan, dimana membuat kendaraan lbh mudah terjungkal.
Kendaraan mencapai stabilitas tertinggi bila titik ini tepat berada di tengah2 badan kendaraan.
Jadi bila melakukan modifikasi agar diperhitungkan jangah sampai kendaraan lbh berat ke belakang atau lbh berat ke depan.
Apa pun yg terbaik adalah yg seimbang ...
ROBIN 151 Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6013 Total Posan : 1394 Sejak : 27.10.07 Domisili : Bejat KorWil : Bejat NRA : 151 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : nikah Hobi : alam bebas
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 17.01.08 15:52
Rendy 133 Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6222 Total Posan : 3594 Sejak : 25.07.07 Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur KorWil : BEJAT NRA : 0133 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder :
125
Julukan : 125 Black&Black Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871 Hobi : keep for brothers...... Slogan : it's me
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 19.01.08 19:29
andre LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6303 Total Posan : 585 Sejak : 26.12.06 Domisili : TMII KorWil : Depok NRA : 102 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : Suzuki Thunder Status :
lajang
Sikon : Not Mariage Yet Hobi : Play Station Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 21.01.08 22:13
Intinya sich kita kalo mau modif ya harus sesuai dengan
ROBIN 151 Kolonel KOSTER
Poin Brogader : 6013 Total Posan : 1394 Sejak : 27.10.07 Domisili : Bejat KorWil : Bejat NRA : 151 Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : nikah Hobi : alam bebas
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 24.01.08 18:35
ndre....
KzmX Mayor KOSTER
Poin Brogader : 5947 Total Posan : 703 Sejak : 10.12.07 Domisili : Cirebon Kota Udang Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 250+750 Sikon : Jomblo
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 24.01.08 20:44
EE ONE S wrote:
KzmX wrote:
Cara mengetahui besarnya gravity centre gimana yak???
... center of gravity atau sentrum gravitas artinya pusat berat, dimana dr titik tsb ke segala arah berat kendaraan adalah sama, dan letaknya lebih kurang di tengah2 badan kendaraan. Dgn kata lain jika kendaraan digantung dgn tali baja pd titik tsb, maka posisi kendaraan seimbang, tak oleng ke kiri atau ke kanan dan tak oleng ke depan atau ke belakang.
Jika ada modifikasi shg bagian belakang lbh berat, mk dgn sendirinya titik ini akan bergeser ke arah belakang, dan sebaliknya, dan ini berimplikasi pd stabilitas kendaraan, dimana membuat kendaraan lbh mudah terjungkal.
Kendaraan mencapai stabilitas tertinggi bila titik ini tepat berada di tengah2 badan kendaraan.
Jadi bila melakukan modifikasi agar diperhitungkan jangah sampai kendaraan lbh berat ke belakang atau lbh berat ke depan.
Apa pun yg terbaik adalah yg seimbang ...
Gue ngatri... Kemaren2 gue pernah liat, prahu motor ditarik keatas cuma pake satu tali doang. Ditengah2 sih talinya. Ajaibnya, ntu boat gak mereng kanan/kiri/depan/blkg, anteng aja naek keatas. Mungkin kayak gitu kali klo motor. Wauwww...
Thunder.Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 8203 Total Posan : 252 Sejak : 07.12.07 Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 24.01.08 23:40
...
... good ... good ... good ...
... ... Kemarin secara tak sengaja sy mentes stabilitas Thundie sy ...
Ceritanya begini ... sy melaju dr arah Sawangan ke Depok, menjelang tanjakan di depan DTC (Depok Town Center) Depok Maharaja sy tancap gas dan mendaki dgn kelajuan sekitar 80 km/jam. Peris didepan tanjakan itu adalah simpang 4 tanpa lampu lalulintas, shg kendaraan bebas belok kapan saja. Tiba2 dr arah Depok, didepan sy, sebuah spdmotor bebek membelok ke kanan dan memotong jalur sy pd jarak lbh kurang 2 meter didepan Thundie sy yg lagi melaju.
Pengendara pdmotor bebek tsb tampak kalap krn sgr akan ditabrak oleh Thundie sy yg kencang dan berat tsb, dan dia sekilas tampak pucat dan panik shg spt tak tahu apa yg harus dilakukan. Kejadian ini benar2 tak terduga. Namun sy sdh memperhitungkan segala kemungkinan bisa terjadi di simpang 4 tsb.
Sy tetap tenang, dlm hitungan detik sy memindah gigi dr 3 ke 2, mengurangi akselerasi dan mengerem perlahan tp tdk mendadak. Krn berat Thundie plus sy dan beban muatan yg total lbh 200 kg, Thundie oleng ke kiri dan ke kanan, namun sy cepat mengatur keseimbangan dgn mempermainkan stang ke arah berlawanan. Jadi sy menahan Thundie agar tdk menabrak dgn mempermainkan stang ke kiri dan ke kanan, sampai spdmotor bebek tsb selamat belok hanya bbrp cm didepan Thundie sy.
Dlm keadaan menahan berat tsb, Thundie sy ternyata tdk roboh, walau dlm posisi ditahan hampir berhenti, dan kaki sy tak turun menginjak tanah.
Seandainya Thundie sy tsb labil, kemungkinan besar sy akan jatuh atau terjungkal. ... BTW ... Thundie sy beratnya sekitar 1,5 s/d 2 x Thundie standar, krn bobot dandanan modifikasi depan, samping, dan belakang. Namun ternyata stabilitasnya cukup baik. ... Terimakasih Tuhan ...
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8003 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 25.01.08 7:47
salam koster :koster: :kosterianz:
om iwan...waduh...kejadian yg jarang terjadi..., biasanya sih bikers kalo gitu dah pasti gedubrak...rak...he...he.. berarti si thundie om iwan goyang jaipong dulu dong...he..he.. sip lah...yg penting SAFETY RIDING FIRST and refleks..dan jangan lupa berdoa ...dulu.... kita juga sebagai bikers kudu diperhatikan....ok
Thunder.Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 8203 Total Posan : 252 Sejak : 07.12.07 Domisili : Parung.Bogor | BojongSari.Depok KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 25.01.08 10:58
...
... he he he ... emang jarang2, juga jarang2 di tanjakan tsb rada sepi, sebab biasanya macet, shg sy terpaksa nanjak pake gigi 2 dgn kelajuan antara 40 s/d 50 km/jam. ... nah lantaran sepi, sy langsung tancap gas dr depan DTC, sementara kendaraan dari arah depan tdk kelihatan dari arah bawah ... jadi terjadilah peristiwa spt diatas ... hanya saja lantaran sy sdh biasa tiap hari lewat situ, jadi sdh bisa memprediksi bbg kemungkinan yg mungkin terjadi ... jadi sdh mengatisipasi kemungkinan terburuk yg mungkin timbul ...
... yg bikin sy suprise adalah bahwa ternyata Thundie sy bisa juga joget goyang jaipongan tanpa roboh ... he he he ... asyik juga tuh ... cuma bisa bikin org stress krn takut ketabrak .... dan yg goyang bukan cuma Thundie sy, krn stlh berlalu, kepala sy juga ikut geleng2 nggak habis pikir koq bisa begitu ya ... ha ha ha ...
... leng geleng2 geleng2 geleng2 ...
...
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8003 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder :
125
Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 25.01.08 11:14
salam koster
ha..ha...om iwan ama silver thunder nya jaipongan....lucu kali yak....heee
teddy MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6923 Total Posan : 2070 Sejak : 08.12.06 Domisili : LeuwiLiang KorWil : LeuwiLiang NRA : 0090 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
250
Julukan : t250 Slogan : Bravo KOSTER
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 25.01.08 15:30
Salam Koster,
ga kebayang tuch kalau jatuch ketimpa motornya om Iwan hehehe soalnya banyak perabotan lenongnya hehehehe
Rgds 090
bash LETDA KOSTER
Poin Brogader : 6364 Total Posan : 411 Sejak : 11.11.06 Domisili : Cibinong... KorWil : Cibinong NRA : 0074 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : blue thunder 125 Sikon : single...
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 25.01.08 15:39
KREN BANGET...... BRAVO FUR ALL
atnlie Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6369 Total Posan : 3368 Sejak : 21.02.08 Domisili : Jakarta Selatan KorWil : Jakarta Selatan NRA : 0313 Jabatan : Ang. Resmi Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : single Hobi : http://www.atnlie.co.nr
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.02.08 16:01
Informasinya ga pernah gw bayangkan sebelumnya
thanks banget ya bro
infornya sangat membatu sekali
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27413 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder :
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 23.08.08 3:03
PENGARUH KOTAK BAGASI | BAGAGE BOX TERHADAP PERFORMA MOTO
PENGARUH BOBOT MUATAN KOTAK BAGASI TERHADAP TARIKAN
Jawabnya yang pasti adalah "ya", tp brp besar atau brp banyak pengaruhnya, bergantung pd berat beban isinya, makin berat beban muatannya, makin kecil atau menurun tarikan | percepatan | akselerasi. Formulasi teknik fisika matematiknya adalah:
a = F / m = E / (m x s)
dimana,
a, akselerasi (acceleration) | percepatan atau tarikan, dalam m/s2 (meter per square second). m, masa (mass) | bobot total kendaraan, termasuk beban muatan, dlm kg (kilogram). s, jarak ruang (space distance) tempuh kendaraan, dlm m (meter) F, gaya (force) dihasilkan mesin kendaraan, dlm kg.m/s2, atau N (Newton). E, tenaga | energi (energy) dihasilkan mesin kendaraan, dlm N.m (Newton meter), atau J (joule).
Jadi untuk tenaga dan gaya yg sama besarnya, pertambahan bobot atau berat dengan sendirinya membuat tarikan merosot (drop). Namun sejauh beban muatan tsb msh dlm toleransi kemampuan kendaraan, tak akan bermasalah.
Kalau hanya kotak bagasi tanpa beban, bobotnya relativ ringan, shg tak punya pengaruh cukup berarti.
PENGARUH LETAK KOTAK BAGASI TERHADAP DORONGAN
Yang perlu diperhatikan adalah dampak aerodinamik yg muncul krn cara penempatan pemasangan kotak bagasi, baik yg belakang maupun yg samping, krn letaknya akan mempengaruhi dorongan (thrust) kendaraan akibat timbulnya hambatan atau helaan (drag) karena terpaan angin atau aliran udara terhadap tubuh kendaraan yg arahnya berlawanan atau bertolakbelakang dgn arah maju kendaraan. Formulasi teknik fisika matematiknya adalah:
F = Ft - Fd
dimana,
F, gaya (force) dihasilkan mesin kendaraan, dlm kg.m/s2, atau N (Newton). Ft, dorongan (thrust) atau gaya dorong (thrusting force) kendaraan, dlm kg.m/s2, atau N. Fd, helaan (drag) atau gaya hela (draging force) angin, dlm kg.m/s2, atau N.
Problem yg timbul adalah bahwa, makin laju kendaraan, makin besar hambatan angin terhadap kendaraan.
Cara mengatasinya adalah dgn cara membuat sudut serang (angle of attack) menjadi minimum, shg sedikit menghasilkan angkatan (lift) atau gaya angkat (lifting force) terhadap tubuh kendaraan, krn perbedaan tekanan angin di atas dan di bawah kotak bagasi, tanpa membuat kendaraan terjungkal krn kena perangkap (stall) gejolak aliran udara atau turbulensi (turbulence).
Hal serupa juga berlaku utk pemasangan perisai atau tameng-angin (wind-shield). Krn itu sy pakai model sportiv yg aerodinamik dan dipasang miring ke belakang, shg aliran udara diteruskan dengan lancar di kanan dan kiri atas dan tak menerpa tubuh pengendara.
Semoga bisa dicerna dan dipahami . . .
Tumarno KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 5607 Total Posan : 63 Sejak : 11.11.08 Domisili : gmail.com Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : EN 125 Sikon : aktif Hobi : Keindahan
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 23.02.09 20:01
Teng Q alot Bro Iwan, sangat bermanfaat artikelna...... Kita akan ingat artikel ini, malah kalau bisa di copy dan di print, untuk dibaca-baca. Lagian kalau saya dari dulu sih hobby keindahan & Modifikasi, namun bukan untuk kebut-kebutan, tapi buat jalan-jalan di kota aja. Disini lagi musim kontes soalna.
loveapel MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 5357 Total Posan : 2166 Sejak : 19.01.09 Domisili : Yogyakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder :
125
Julukan : 125 Sikon : diragukan keberadaanya... Slogan : seorang newbie yg akan terus menjadi newbie
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 23.02.09 20:06
lengkapz euy....
Sponsored content
Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas