Login Disini Bro...! Kalau belum Login silahkan Register! Terimakasih.
Komunitas Suzuki Thunder [KOSTER] Indonesia

www.suzuki-thunder.com
koster.indonesianforum.net





 
BerandaPortalIndeksForum STIMilistBlogToolBarRSS FeedCalendarPencarianFAQBukuTamuJoin KOSTERKontak KamiKontak PengurusThunderThunder KamiModifikasiTouringRiders Of The MonthGalleryOutletBursaLegalSpiritualKomunitasWilayahBeritaLoginPendaftaran
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Similar topics
TOPIK PILIHAN
KOSTER 2005 — 2010
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
MUSIK KOSTER







Real-Time Clock
community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
Latest topics
» MODIF: Pasang Delta Box di Thunder + Kuping Yamaha V-ixion
03.11.15 12:35 by Deden Andriawan

» [NUBIE] brian; bekasi...
03.11.15 12:27 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Jakarta Timur: BEJAT
30.10.13 17:33 by 124m4

» KOSTER WEB INFO: http://www.suzuki-thunder.tk. Forum Komunitas Suzuki Thunder. Sign up and Join Us
25.06.13 19:02 by webster

» KORWIL: KOSTER Bekasi
02.02.13 13:15 by harry2yo

» WARTA: KOSTER Denpasar | Bali: KOBRA
02.02.13 13:14 by harry2yo

» WARTA: Obrolan dan Kabar KOSTER Ponorogo
02.02.13 13:14 by harry2yo

» tip mengatasi pengisian thunder 125 biar awet spul ama akinya
16.12.12 23:07 by Arip Apendi

» salam kenal para master thunder, tolong upload dong motor para master
13.12.12 9:53 by Deden Andriawan

» MODIF: MetaMorfosa Thunder Mimin
05.12.12 17:44 by nanto_art

» MODIF: PROFIL: Modifikasi Cicilan
05.12.12 17:38 by nanto_art

» MODIF: Akhirnya UpSideDown
05.12.12 17:35 by nanto_art

» thundie ane,,masih proses modif ne... blm ssuai keinginan...hehe...
05.12.12 17:31 by nanto_art

» Thunder Black & White Simplicity
05.12.12 17:30 by nanto_art

» POLL: MODIF: Mau Hasil Modifikasi Maksimum???
05.12.12 17:28 by nanto_art

» MODIF: Dilema Modifikasi, Prioritas, dan Opsi: Sport? Touring? Sport-Touring?
05.12.12 17:24 by nanto_art

» NEWBIE : Salam Kenal smua mas bro, Arief Jakarta Selatan
28.11.12 13:43 by harry2yo

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Surabaya
27.11.12 16:54 by t.aguss

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Samarinda
01.11.12 11:34 by harry2yo

» MODIF: Ganti Lampu Utama Thunder dengan Lampu Lain
01.11.12 11:13 by harry2yo

» DIJUAL SUZUKI THUNDER 125 TH 2007(DES) HARGA 7JT
01.11.12 11:10 by harry2yo

» KOPDAR POUNDSTERLING KOSTER LEUWILIANG
01.11.12 11:06 by harry2yo

» NEWBIE from Batam
01.11.12 11:01 by harry2yo

» MODIF: Ganti Ban Thunder dengan Ban Lebar
01.11.12 11:00 by harry2yo

» Setelan Angin Karburator
22.10.12 1:00 by double

» DI JUAL BODY KIT MOTOR SPORT (FULL FAIRING) SUZUKI THUNDER
04.10.12 1:21 by voltage

» Nyari KOSTER di daerah Bandung biar bisa bantu Modif :D
24.09.12 13:08 by bhaktiaditya

» MODIF: Ubah Thunder ke Model Mono-ShockBreaker
21.09.12 18:28 by harry2yo

» Salam Kenal....
21.09.12 18:18 by harry2yo

» SALAM KENAL DARI SAYA WEBSTER
21.09.12 18:16 by harry2yo

» Salam kenal untuk semuanya disini
21.09.12 18:14 by harry2yo

» Thunder 125 thn 2009 ganti karbu konvesional venturi 26,koq gak stabil ya?
04.09.12 0:01 by enjienji

» KOSTER OUTLET: FuelFlow Booster: Performance Booster | Fuel Saver: X Power
01.08.12 0:47 by manyon

» MODIF: Saran utk Thunder 125 2005 Non-Kick Starter
18.07.12 7:42 by Deden Andriawan

» WARTA: Obrolan Hangat dan Kabar Terbaru KOSTER Depok | KORIDOR
20.06.12 17:50 by Deden Andriawan

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 234 pada 17.12.09 20:24
SITUS KOSTER
BLOG KOSTER
FACEBOOK KOSTER


community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus;

SKEMA INSTALASI
APLIKASI facebook KOSTER

instal : klik disini

KOMENTAR


Punya FaceBook? Tambahkan KOSTER Indonesia dan KorWilnya disini :

Temukan dan tambahkan semua teman KOSTER seIndonesia di FaceBook anda bro!

E-MAIL GRATIS THUNDER
daftar dan periksa disini !!
provided and supported by :
powered by :
MESIN LACAK
NAVIGASI
PAGINA BANTU

E-MAIL KOSTER

PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap

MILIS GROUP

Ketikkan E-Mail Anda:





Powered by
www.suzuki-thunder.net

NOTIFIKASI FORUM

Ketikkan E-Mail Anda:





Delivered by
www.suzuki-thunder.net

ANGGOTA KOSTER

ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA FORUM KOSTER
WAKTU ANGGOTA
01-09-06 1
20-04-08 1.000
10-05-09 2.000
07-10-09 2.500
09-12-09 3.000
23-12-09 3.050
06-01-10 3.100
02-02-10 3.200
18-02-10 3.250
05-03-10 3.300
22-04-10 3.350
03-04-10 3.375
09-04-10 3.400
08-05-10 3.500
05-06-10 3.600
16-06-10 3.625
17-06-10 3.630
18-06-10 3.635
19-06-10 3.640
23-06-10 3.650
28-06-10 3.670
02-07-10 3.680
06-07-10 3.690
07-07-10 3.700
15-07-10 3.737
21-07-10 3.750
23-07-10 3.760
25-07-10 3.770
28-07-10 3.780
31-07-10 3.790
04-08-10 3.800
05-08-10 3.810
12-08-10 3.830
17-08-10 3.850
21-08-10 3.870
23-08-10 3.880
25-08-10 3.890
28-08-10 3.900
01-09-10 3.920
06-09-10 3.930
07-09-10 3.940
09-09-10 3.950
17-09-10 3.975
20-09-10 3.980
25-09-10 3.990
03-10-10 4.000
11-10-10 4.025
10-11-10 4.050
06-12-10 4.075
11-12-10 4.090
22-12-10 4.100
01-03-11 4.130
16-03-11 4.140
28-03-11 4.150
07-04-11 4.160
16-04-11 4.170
29-04-11 4.180
07-05-11 4.190
08-05-11 4.200
19-05-11 4.210
28-05-11 4.220
27-06-11 4.250
11-08-11 4.300
19-09-11 4.350
RERATA PER BULAN : 100


ANGKA PERTUMBUHAN
ANGGOTA RESMI KOSTER
NRA KOSTER WILAYAH
0001 - 0154 JaDeBoTaBek
0155 - 0170 TanjungPinang
0171 - 0243 JaDeBoTaBek
0244 - 0251 Pandaan
0252 - 0271 Surabaya
0272 - 0325 JaDeBoTaBek
0326 - 0335 Cilacap
0336 - 0364 Kupang
0365 - 0375 Kendari
0376 - 0385 Trenggalek
0386 - 0400 Pontianak
0401 - 0420 Malang
0421 - 0460 Blitar
0461 - 0540 Jember
0541 - 0615 Bondowoso
0616 - 0635 Situbondo
0636 - 0655 Denpasar
0656 - 0680 TanjungPinang
0681 - 0780 JaDeBoTaBek
0781 - 0837 JaDeBoTaBek
0838 - 0841 Indramayu
0842 - 1000 . . .

community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus

NRA terakhir dikeluarkan
pengurus pusat KOSTER:

NRA: 0841 community, thunder 125', 'thunder 250', KOSTER, 'komunitas suzuki thunder indonesia', 'thunder community', 'thunder rider community', sti, tc, tci, tc125, trc, trc125, tic, bathoc, intec, besed, sepedamotor, motor, moto, motorcycle, motosport, community, tour, touring, race, racing, 'safety riding', driving, modifikasi, modification, troubleshooting, maintenance, performa, performance, appearance, indonesia, parung, tesqscape, firwany, kospad, kompas, kopasus
KORWIL: Indramayu


WILAYAH KOORDINASI KOSTER INDONESIA
KW WILAYAH NRA
30 Jakarta Pusat 7
20 Jakarta Barat 13
19 Jakarta Selatan 21
18 Jakarta Timur 32
21 Jakarta Utara 12
39 Tanggerang Sel 12
01 Bogor 79
02 Bogor: Cibinong 44
22 Bogor: BojongGede 6
08 Bogor: Parung 23
32 Bogor: P. Panjang
03 Bogor: LeuwiLiang 27
06 Bogor: Ciawi 27
07 Bogor: Cisarua 7
16 Bogor: Citeureup 4
17 Bogor: Cileungsi 14
05 Depok 49
40 Indramayu 4
13 Dumai
09 TanjungPinang 41
27 Cilacap 10
29 Surabaya 20
43 Ponorogo 20
44 Pacitan
33 Malang 20
48 Batu
49 AsamBagus
50 Tamanan
04 Blitar 40
41 Tulungagung  
37 Trenggalek 10
28 Pasuruan: Pandaan 8
42 Probollingo
11 Jember 80
12 Situbondo 20
38 Bondowoso 75
31 Banyuwangi
45 Banjarmasin  
46 Palangkaraya
15 Samarinda
34 Balikpapan
35 Pontianak 15
36 Bali 20
14 Kupang 30
25 Soppeng
23 Kendari 10
24 BauBau
26 Manado
47 Kawanua
10 Papua
TOTAL KORWIL 50
TOTAL NRA KOSTER 900
TOTAL ANGGOTA 5.000


KOSTER WILAYAH
SENUSANTARA

PENDATAAN KORWIL
[ pop-up ]

BELUM ANGGOTA KOSTER?
KLIK DISINI
[ pop-up ]

INAUGURASI KOSTER
[ pop-up slideshow ]

CETAK
BROSUR KOSTER

[ ukuran dalam pixel ]
1024 x 768 
   ●  800 x 600
   ●  640 x 480
   ●  520 x 390

KIRIM PESAN KE PENGPUS
KOSTER INDONESIA

singkat lengkap


AKTIVITAS KOSTER
[ pop-up ]

KONFIRMASI PEMBAYARAN
[ pop-up ]

LOGIN FACEBOOK-FORUM

KOMENTAR


Share | 
 

 MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24750
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 5:10

HATI-HATI, JANGAN ASAL MELAKUKAN MODIFIKASI, ... RISKAN KECELAKAAN

Kasus paling banyak terjadi adalah bahwa kendaraan, khususnya spdmotor, labil bila berboncengan, dan kerap kehilangan stabilitas ketika belok atau menikung ... ... ...

Sebabnya adalah stlh mengalami modifikasi, terutama perubahan pd tubuh kendaraan, pusat stabilitas kendaraan bergeser dr posisi semula, shg kendaraan tak lagi dpt dikendalikan dengan sempurna ...


DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN


Wow...! DISAIN KENDARAAN ATAS DASAR KOMPUTASI AKURAT

Suatu kendaraan dirancang oleh pabrikan dgn suatu perhitungan teknik sangat matang dan akurat, utk stabilitas, kelajuan, kemampuan, keamananan, dan kenyamanan pengendara dan penumpang. Termasuk spdmotor.


TOP BGT ! BERAT | BOBOT | MASA KENDARAAN

Berkaitan dgn stabilitas kendaraan, ada hubungan langsung antara bobot atau masa (mass) tubuh kendaraan [tanpa dan dgn pengendara, tanpa dan dgn penumpang, tanpa dan dgn beban | muatan] dan kelajuan kendaraan.


TOP BGT ! UKURAN | DIMENSI KENDARAAN

Bobot ini juga berhubungan langsung dgn ukuran | dimensi fisik [panjang, lebar, dan tinggi] kendaraan, dan dgn bahan | material digunakan tubuh kendaraan.


TOP BGT ! TITIK BERAT | PUSAT BOBOT | PUSAT MASA SEBAGAI
... .... ... PUSAT KESEIMBANGAN | PUSAT STABILITAS KENDARAAN


Secara keseluruhan, dlm kaitannya dgn bobot ini, pd tubuh kendaraan terdapat satu titik, yg secara teknik disebut sbg "titik berat", "pusat bobot" atau "pusat masa" (center of mass). Dr titik mana, ke semua arah dlm jarak berbeda, dlm kendaraan tsb, adalah sama bobotnya. Krn itu titik ini disebut juga "pusat keseimbangan" (center of balance) atau pusat stabilitas (center of stability).





OOOppsss Salahh PERGESERAN TITIK BERAT | PUSAT KESEIMBANGAN

Ketika tubuh kendaraan dimodifikasi, maka kendaraan mengalami perubahan fisik, dlm ukuran | dimensi dan dlm bobot | masa. Dan dengan sendirinya terjadi perubahan, dlm arti pergeseran posisi titik berat atau pusat masa. Bisa bergeser ke depan, atau ke belakang, atau ke atas, atau ke bawah, atau ke kiri, atau ke kanan. Dgn demikian, pusat keseimbangan pun bergeser, alias stabilitas kendaraan berubah. Jika pergeseran ini terlalu jauh atau melenceng, maka stabilitas kendaraan terganggu, alias kendaraan menjadi labil atau tak stabil, terutama ketika belok atau menikung.. Dan ini sangat berbahaya bagi pengendara, dan tentu juga penumpang.

... ... ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.



Terakhir diubah oleh tanggal 22.11.07 5:41, total 3 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24750
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 5:33

DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN


GAYA-GAYA YANG BEKERJA TERHADAP KENDARAAN


KENDARAAN DIAM | STATIK

lama amat yach... Ketika kendaraan dlm keadaan diam atau stasioner, hanya ada satu gaya (force) yg unggul atau dominan bekerja pd kendaraan, yaitu, berat (weight) atau gravitas (gravity), alias gaya gravitasional (gravitational force), yg diukur dalam Newton (N) atau kilogram meter per sekon kuadrat (kg m / s2) atau kilogram gaya (kg force). Berat inilah yg membuat kendaraan menempel | melekat pd permukaan tanah dan jatuh ke tanah.

Berat kendaraan bergantung pd 2 faktor, yakni,

  • bobot | masa kendaraan, dlm kilogram (kg) [kg mass].
  • percepatan | akselerasi krn berat (acceleration due to gravity), dlm meter per sekon kuadrat (m/s2), yg besarnya sekitar 10 m/s2, tepatnya 9,806.650 m/s2.



KENDARAAN BERGERAK | DINAMIK

lama amat yach... Ketika kendaraan dlm keadaan bergerak, ada banyak gaya yg bekerja thdp tubuh kendaraan, bbrp yg unggul antara lain adalah,

  • berat | gravitas | gaya gravitasional, arah jatuh ke bawah.
  • dorongan (thrust) | gaya dorong (thrusting force), arah maju ke depan.
  • gesekan (friction) | gaya gesek (frictional force), arah mundur ke belakang.
  • helaan (drag) | gaya hela (draging force), arah mundur ke belakang.
  • angkatan (lift) | gaya angkat (lifting force), arah naik ke atas.




Semua gaya ini terjadi ketika kendaraan bergerak maju, dan saling berhubungan satu terhadap yg lain.

lama amat yach... Ketika kendaraan bergerak miring, belok atau menikung, disamping 5 gaya diatas, muncul 2 gaya lain, yg arahnya saling bertentangan, yakni,

  • betot | tarik pusat | gaya sentripetal (centripetal force), arah ke dalam, menarik dari arah tepi ke pusat lengkungan.
  • pental | tolak pusat | gaya sentrifugal (centrifugal force), arah ke luar, menolak dari arah pusat ke tepi lengkungan.




Gaya tarik-tolak total adalah jumlah total 2 gaya ini. Pada tenaga tetap, jika sentripetal meningkat, maka sentrifugal merosot, dan kendaraan jatuh ke dalam lengkung tingkungan. Sebaliknya jika sentrifugal meningkat, maka sentripetal merosot, dan kendaraan terpelanting ke luar lengkung tikungan. Kendaraan hanya menikung dgn mantap atau stabil bila 2 gaya ini seimbang.


GANGGUAN FATAL STABILTIAS KENDARAAN

Meneketehe.... Nah, jika kendaraan dimodifikasi secara serampangan, dan pusat stabiltasnya bergeser cukup jauh, maka keseimbangan kendaraan dlm menikung pun terganggu, alias kendaraan jadi labil, dan resiko jatuh atau terpelanting jauh lbh besar. Dan resiko ini makin tinggi pd kecapatan tinggi!

... ... ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24750
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 5:48

DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN

DORONGAN | THRUST

lama amat yach... Kendaraan hanya akan dpt bergerak maju, bila dorongan dpt mengatasi berat, utk memindahkan posisi letak kendaraan di tanah. Makin besar dorongan, makin laju kendaraan, dan terasa bahwa kendaraan makin ringan. Dan sebaliknya.

Dorongan ini dihasilkan oleh percepatan | akselerasi krn mesin (acceleration due to engine) kendaraan dlm arah ke depan, utk melawan percepatan krn berat dlm arah ke bawah.



Dlm keadaan ini, dua pertentangan terjadi, dimana percepatan | akselerasi mesin (engine acceleration) menghasilkan tenaga mesin (mechanical energi), yakni tenaga gerak alias energi kinetik (kinetic energy) kendaraan. Sedangkan percepatan | akselerasi berat (gravitational acceleration) menghasilkan tenaga diam alias energi potensial (potential energy) kendaraan.

Jika tenaga gerak kendaraan bergantung pd bobot dan kelajuan | kecepatan kendaraan, maka tenaga diam kendaraan bergantung pd bobot dan jarak atau ketinggian kendaraan thdp permukaan tanah. Makin laju | cepat gerak kendaraan, makin besar tenaga geraknya. Dan, makin tinggi kendaraan, makin besar tenaga diamnya.

Tenaga total kendaraan pd tiap saat adalah jumlah tenaga gerak dan tenaga diam. Pd tenaga total tetap, ketika tenaga gerak meningkat, tenaga diam merosot. Sebaliknya, ketika tenaga diam meningkat, tenaga gerak merosot. Hal ini menjelaskan mengapa dibutuhkan akselerasi lbh ketika kendaraan menanjak naik, dan sebaliknya memperoleh dorongan ekstra ketika kendaraan meluncur turun.

... ... ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24750
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 5:51

DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN

GESEKAN | FRICTION

Mencurigakan nehhh Namun gerak maju kendaraan menimbulkan gesekan pd bagian tubuh kendaraan yg bersentuhan dgn tanah. Makin makin luas area yg bersentuhan dgn tanah, makin besar gesekan. Bagian kendaraan yg bersentuhan dgn tanah adalah ban. Shg makin lebar tapak atau permukaan ban, makin besar gesekan. Gesekan ini mempertahankan gerak maju kendaraan, dlm arah sebaliknya, shg membuat kendaraan mencengkram tanah. Krn itu, maiin lebar tapak ban, makin besar cengkraman ban thdp permukaan tanah, tp makin menghambat laju kendaraan.


Gesekan ini juga bergantung pd benjolan (contour) permukaan yg bersentuhan. Makin kasar permukaan, makin besar gesekan. Sebaliknya, makin licin permukaan, makin kecil hesekan. Krn itu, makin tebal guratan | ulir ban, makin besar cengkraman ban pd permukaan tanah. Sebaliknya, makin tipis guratan ban, makin kecil cengkraman ban. Begitu juga dgn permukaan tanah, makin kasar permukaan tanah, makin besar gesekan dan cengkraman, dan sebaliknya. Hal ini menjealskan, knp kemdaraan sulit maju pd jalanan tak rata, dan ban slip pd permukaan jalan licin.

Jadi kelebaran tapak permukaan ban dan kedalaman guratan ban dirancang utk kemampuan cengkramnya thdp permukaan tanah, shg kendaraan lbh mantap | stabil.

Gesekan ini juga bergantung pd kelajuan kendaraan. Makin laju kendaraan, makin banyak sentuhan permukaan per satuan waktu, makin besar gesekan.

Selain dgn tanah, gesekan juga terjadi antara tubuh kendaraan dan udara. Dan berlaku hukum yg sama.

... ... ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24750
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 5:54

DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN

HELAAN | DRAG

Binun nehh Berbeda dgn gesekan yg terjadi krn persentuhan dua permukaan, helaan terjadi krn perpindahan volume udara yg diterjang oleh kendaraan. Makin besar tubuh kendaraan, makin luas permukaannya, makim banyak udara dipindahkannya, makin besar helaan. Sbgmn halnya dgn gesekan, helaan ini juga mempertahankan gerak maju kendaraan, dlm arah sebaliknya, shg membuat kendaraan terhambat maju ke depan, dan cendrung didorong balik ke belakang.

Makin banyak udara yg bisa dilewatkan, diteruskan, atau dialirkan ke samping, makin kecil helaan.


Helaan ini juga bergantung pd kelajuan kendaraan. Makin laju kendaraan, makin banyak volume udara dipindahkan per satuan waktu, makin besar helaan.

Berbeda dgn tanah, udara adalah zat yg bergerak dan berpindah, fluida spt air, shg terjadi aliran udara yg disebut angin. Angin ini bergerak dlm bbg arah tertentu, shg menimbulkan arus udara. Dan ini sangat berbahaya bagi kendaraan, krn antara arah gerak maju kendaraan dan arah angin, membentuk sudut vektoral, yg disebut "sudut serang" (angle of attack), dan memiliki dua ukuran penting. Pertama, "sudut serang ambang" (threshold angle of attack), yg pd kelajuan tertentu, bila dicapai, akan membuat kendaraan terangkat naik dan terbang dari permukaan tanah. Kedua, "sudut serang kritis" (critical angle of attack), yg pd kelajuan tertentu, bila dicapai, akan menimbukan turbulensi udara, dan membuat kendaraan terperangkap (stall) dlm pusaran angin, shg terjungkir balik kebelakang.

Jadi "fairing" pd tubuh kendaraan, terutama yg digunakan utk "racing" dan "touring", dirancang utk meminimasi helaan, agar kendaraan lbh mantap | stabil.

... ... ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Thunder Rider
Admin | WebMaster
Admin | WebMaster


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 24750
Total Posan : 24741
Sejak : 19.06.07
Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0115
Jabatan : Penasehat Ahli
Thunder :
  • 125
Julukan : Wild Horse | Silver Hawk
Status :
  • kawin | nikah
Sikon : 1I2A
Hobi : 1001
Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 5:59

DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN

ANGKATAN | LIFT

Meneketehe.... Angkatan ini selaras dgn luas permuakaan tubuh kendaraan yg sejajar dgn permukaan tanah. Makin luas permukaan kendaraan, makin besar angkatan.

Selain itu, angkatan juga selaras dgn kecepatan gerak maju kendaraan. Makin cepat kendaraan, makin besar angkatan.

Angkatan ini harus dibuat minimum utk kendaraan darat agar tetap mencengkram tanah. Sebaliknya, minimum utk kendaran udara, agar dpt terbang.



Angkatan ini juga bergantung pd tekanan udara (air pressure), jarak tempuh lintasan udara thdp permukaan angkat kendaraan, dan pd kerapatan | densitas udara. makin besar tekanan udara, makin besar angkatan. Pesawat udara dpt terbang ketika tekanan udara di permukaan bawah sayap lbh besar drpd tekanan udara di permukaan atas sayap, krn kecepatan udara pd permukaan atas lbh cepat drpd kecepatan udara pd permukaan bawah sayap, krn jarak lintasan udara lbh jauh pd permukaan atas drpd jarak lintasan udara pd permukaan bawah sayap, krn permukaan atas lbh lengkung shg lbh luas drpd permukaan bawah sayap.

Dan angkatan ini juga bergantung pd besar sudut serang ambang. Makin miring sayap, makin besar sudut serang ambang, makin besar angkatan. Dan sudut sudut serang ambang ini harus ditiadakan atau efeknya diminimimasi pd kendaraan darat.

Jadi "body tune-up" pd kendaraan, dilakukan utk mengatur apakah angkatan ini dibuat maksimum atau minimum, bergantung kebutuhan.

... ... ...

________________________________________
SALAM PENUNGGANG GURUH
penerjun - penyelam - penembak

SILVER HAWK THUNDER RIDER KOSTER 115
THUNDER 512KB

Bogor - Parung - BojongSari - Depok - Jakarta pp

083-KOSTER-115, 088-8872-8949, 0251-8611-593.

Kembali Ke Atas Go down
http://pro.tesqscape.com/
Rotor
PELTU KOSTER
PELTU KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3534
Total Posan : 385
Sejak : 18.06.07
Domisili : Jakarta Timur
KorWil : Bejat
NRA : 018
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Black Supermoto
Sikon : Married
Hobi : Kuliner
Slogan : Be Your Self

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 7:28

tks atas info nya

banyak ilmu yg dapat di kembangkan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 6809
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 7:45

luar biasa pak iwan, artikelnya layak masuk koran kayaknya Pak!
tuh buat yang pada modifikasi, jangan asal modif...hehehe...
thanks pencerahannya pak!

________________________________________
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Heri
LETJEN KOSTER
LETJEN KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3664
Total Posan : 2503
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0079
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja
Sikon : Senang2 aja
Hobi : lupa
Slogan : lupa

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 7:48

EMANG DEH BRO IWAN GAK ADA DUA NYA
BRAVO BRO IWAN
BRAVO KOSTER PARUNG
BRAVO KOSTER
BRAVO THUNDER
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 5340
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 8:08

salam koster :koster:

bravo lah pokona mah buat om iwan...TO BGT !!
bRAVO kOSTER PARUNG !
bRAVO kOSTER !

________________________________________



KEEPBROTHERHOOD, THUNDERSHIP, SAFETY RIDING FIRST!
GERRY - KOSTER 039
THE REAL Thunder BEAR
HP : 0815-85037495,081283502609,083891812950
gerry_garsono@yahoo.co.id
KADIV DEVELOPMENT & TI STI
DK KOSTER INDONESIA
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
MDS(MasDediSusanto)
PELDA KOSTER
PELDA KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3377
Total Posan : 252
Sejak : 08.09.07
Domisili : Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : Bekasi - Jakarta Timur | BEJAT
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : Rong Ngatus Seket
Sikon : MenantiYangKedua,...
Hobi : Sport, touring, reading

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 9:57

Salam koster

:brapo koster:
Mantappp Bro! Mantappp Bro! Mantappp Bro!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 3559
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 10:34

1-018 wrote:
luar biasa pak iwan, artikelnya layak masuk koran kayaknya Pak!
tuh buat yang pada modifikasi, jangan asal modif...hehehe...
thanks pencerahannya pak!


Salam Koster

Lagi Ngomongin diri sendiri Kayaknya...

Pura pura gak tau Pura pura gak tau Pura pura gak tau































Piss Mann! Piss Mann!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
042
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


KEPALA DIVISI TI
Male Poin Brogader : 6809
Total Posan : 10367
Sejak : 11.11.06
Domisili : Didepan komputer...!
KorWil : Bogor
NRA : 0042
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : Brandon
Sikon : I istri dan 1 anak
Hobi : Banyak...
Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 10:42

Bikers Juga Manusia!

________________________________________
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
belan
LETTU KOSTER
LETTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3647
Total Posan : 541
Sejak : 03.03.07
Domisili : batam
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 11:14

mmhhhh...mikir... mmhhhh...mikir... mmhhhh...mikir...
Kembali Ke Atas Go down
France Tivoz
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER


KEPALA DIVISI BAKTERI
Male Poin Brogader : 4029
Total Posan : 3535
Sejak : 02.10.07
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0206
Jabatan : KaDiv Bakteri
Thunder :
  • 125
  • 125 dan 250
Julukan : Red Bull
Sikon : unmeried
Hobi : Belajar
Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   22.11.07 16:51

Thanx bro atas informnya
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.net
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 4344
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   23.11.07 22:11

1-018 wrote:
luar biasa pak iwan, artikelnya layak masuk koran kayaknya Pak!
tuh buat yang pada modifikasi, jangan asal modif...hehehe...
thanks pencerahannya pak!



mmhhhh...mikir... mmhhhh...mikir... mmhhhh...mikir.....................Capeeee dehhhh... Capeeee dehhhh... Capeeee dehhhh...

________________________________________
013
AG 5758 ZI
"Thunder Tiga Digit"
"BIG BLACK BEAUTY"
KOSTER DIVISI TOURING
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
sendy_kasep
Kapten KOSTER
Kapten KOSTER


KEPALA DIVISI OUTLET
Male Poin Brogader : 3708
Total Posan : 678
Sejak : 27.01.07
Domisili : Bogor
Jabatan : KADIV Outlet
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   23.11.07 22:33

MDS wrote:
Salam koster

:brapo koster:
Mantappp Bro! Mantappp Bro! Mantappp Bro!

:koster: :Go Koster!: :koster:
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
[BOETHO]
Donatur KOSTER
Donatur KOSTER


ANGGOTA DEWAN PENDIRI
Male Poin Brogader : 4344
Total Posan : 4615
Sejak : 19.04.07
Domisili : Trenggalek - Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0013
Jabatan : Ang. Pendiri
Thunder :
  • 125
Julukan : Big Black Beauty
Sikon : MENGERIKAN....
Hobi : MANASIN ORANG
Slogan : ADA APA YAH...??

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   23.11.07 23:01

Metalll!!! Metalll!!! Metalll!!!

________________________________________
013
AG 5758 ZI
"Thunder Tiga Digit"
"BIG BLACK BEAUTY"
KOSTER DIVISI TOURING
Kembali Ke Atas Go down
http://www.yahoo.com
sendy_kasep
Kapten KOSTER
Kapten KOSTER


KEPALA DIVISI OUTLET
Male Poin Brogader : 3708
Total Posan : 678
Sejak : 27.01.07
Domisili : Bogor
Jabatan : KADIV Outlet
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : single

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   23.11.07 23:21

sendy_kasep wrote:
MDS wrote:
Salam koster

:brapo koster:
Mantappp Bro! Mantappp Bro! Mantappp Bro!

:koster: :Go Koster!: :koster:

Tepok tangan Tepok tangan Tepok tangan Tepok tangan Tepok tangan Tepok tangan Tepok tangan Tepok tangan Tepok tangan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Heri
LETJEN KOSTER
LETJEN KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3664
Total Posan : 2503
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0079
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja
Sikon : Senang2 aja
Hobi : lupa
Slogan : lupa

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   24.11.07 21:42

Ngupil
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
teddy
MAYJEN KOSTER
MAYJEN KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 4260
Total Posan : 2070
Sejak : 08.12.06
Domisili : LeuwiLiang
KorWil : LeuwiLiang
NRA : 0090
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 250
Julukan : t250
Slogan : Bravo KOSTER

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   26.11.07 10:13

Salam Koster,

gw bacanya ampe lieur nich artikel pak iwan, hehehe jadi intinya hati2
saja bro kalu modif malah2 nanti jadi ga bener tuch motor hehee

Rgds
Teddy
3-002
Kembali Ke Atas Go down
gerry_garsono
Administrator KOSTER
Administrator KOSTER


ANGGOTA DEWAN KEHORMATAN
Male Poin Brogader : 5340
Total Posan : 7747
Sejak : 07.12.06
Domisili : Parung. Bogor
KorWil : Parung | KOSPAD
NRA : 0039
Jabatan : WaKetUm
Thunder :
  • 125
Julukan : Thunder Bear
Sikon : in relationship
Hobi : touring, rolling, adventurer, sports
Slogan : Percayalah dengan diri sendiri

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   26.11.07 11:00

salam koster :koster:

he..he..ah tergantung modif na kumaha....iya kan ??
yag penting style and nyaman buat di kendarai tuh thunder nya...
BTW kemaren di acara blackholic modif thunder na keren2 euy... Piss Mann!

________________________________________



KEEPBROTHERHOOD, THUNDERSHIP, SAFETY RIDING FIRST!
GERRY - KOSTER 039
THE REAL Thunder BEAR
HP : 0815-85037495,081283502609,083891812950
gerry_garsono@yahoo.co.id
KADIV DEVELOPMENT & TI STI
DK KOSTER INDONESIA
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
aciel
KOPTU KOSTER
KOPTU KOSTER


ANGGOTA FORUM
Male Poin Brogader : 3390
Total Posan : 60
Sejak : 24.08.07
Domisili : jakarta
Jabatan : Ang. Forum
Thunder :
  • 125
Julukan : 125
Sikon : lajang

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   26.11.07 12:35

wah motor si akang gerry makin bohay aja kayak orangnya Thunder Bear Ngamuk
Kembali Ke Atas Go down
http://thunder125community.blogspot.com
Rendy 133
Jenderal KOSTER
Jenderal KOSTER


KETUA WILAYAH
Male Poin Brogader : 3559
Total Posan : 3594
Sejak : 25.07.07
Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur
KorWil : BEJAT
NRA : 0133
Jabatan : KetHan | KaWil
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 Black&Black
Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871
Hobi : keep for brothers......
Slogan : it's me

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   28.11.07 21:37

Mantappp Bro! Mantappp Bro!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki thunder.com
Heri
LETJEN KOSTER
LETJEN KOSTER


ANGGOTA RESMI
Male Poin Brogader : 3664
Total Posan : 2503
Sejak : 13.11.06
Domisili : Bogor
KorWil : Bogor
NRA : 0079
Jabatan : Ang. Resmi
Thunder :
  • 125
Julukan : 125 aja
Sikon : Senang2 aja
Hobi : lupa
Slogan : lupa

PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   29.11.07 10:46

????
HAH
Kembali Ke Atas Go down
http://www.suzuki-thunder.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas   Today at 13:48

Kembali Ke Atas Go down
 
MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» first post from me.... "modifikasi ringan vespa PS SERA 1987"
» cari stang vespa dan lampu spakbor
» SOLD!!! :Jual Vespa PS150 tahun 1982, Rp. 1.750.000,-
» Ekstrim Post Disini
» Kelebihan dan kekurangan vespa corsa

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Seputar Suzuki Thunder :: Modifikasi Suzuki Thunder-
Navigasi: