| MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas | |
|
+22Tumarno atnlie bash andre ROBIN 151 g-force king syahriar KzmX Thunder.Rider aciel teddy sendy_kasep [BOETHO] France Tivoz belan Rendy 133 MDS(MasDediSusanto) gerry_garsono Heri 042 Rotor Thunder Rider 26 posters |
|
Pengirim | Message |
---|
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27413 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 5:10 | |
| HATI-HATI, JANGAN ASAL MELAKUKAN MODIFIKASI, ... RISKAN KECELAKAANKasus paling banyak terjadi adalah bahwa kendaraan, khususnya spdmotor, labil bila berboncengan, dan kerap kehilangan stabilitas ketika belok atau menikung ... ... ... Sebabnya adalah stlh mengalami modifikasi, terutama perubahan pd tubuh kendaraan, pusat stabilitas kendaraan bergeser dr posisi semula, shg kendaraan tak lagi dpt dikendalikan dengan sempurna ... DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAAN DISAIN KENDARAAN ATAS DASAR KOMPUTASI AKURAT Suatu kendaraan dirancang oleh pabrikan dgn suatu perhitungan teknik sangat matang dan akurat, utk stabilitas, kelajuan, kemampuan, keamananan, dan kenyamanan pengendara dan penumpang. Termasuk spdmotor. BERAT | BOBOT | MASA KENDARAANBerkaitan dgn stabilitas kendaraan, ada hubungan langsung antara bobot atau masa (mass) tubuh kendaraan [tanpa dan dgn pengendara, tanpa dan dgn penumpang, tanpa dan dgn beban | muatan] dan kelajuan kendaraan. UKURAN | DIMENSI KENDARAANBobot ini juga berhubungan langsung dgn ukuran | dimensi fisik [panjang, lebar, dan tinggi] kendaraan, dan dgn bahan | material digunakan tubuh kendaraan. TITIK BERAT | PUSAT BOBOT | PUSAT MASA SEBAGAI ... .... ... PUSAT KESEIMBANGAN | PUSAT STABILITAS KENDARAANSecara keseluruhan, dlm kaitannya dgn bobot ini, pd tubuh kendaraan terdapat satu titik, yg secara teknik disebut sbg "titik berat", "pusat bobot" atau "pusat masa" (center of mass). Dr titik mana, ke semua arah dlm jarak berbeda, dlm kendaraan tsb, adalah sama bobotnya. Krn itu titik ini disebut juga "pusat keseimbangan" (center of balance) atau pusat stabilitas (center of stability). PERGESERAN TITIK BERAT | PUSAT KESEIMBANGANKetika tubuh kendaraan dimodifikasi, maka kendaraan mengalami perubahan fisik, dlm ukuran | dimensi dan dlm bobot | masa. Dan dengan sendirinya terjadi perubahan, dlm arti pergeseran posisi titik berat atau pusat masa. Bisa bergeser ke depan, atau ke belakang, atau ke atas, atau ke bawah, atau ke kiri, atau ke kanan. Dgn demikian, pusat keseimbangan pun bergeser, alias stabilitas kendaraan berubah. Jika pergeseran ini terlalu jauh atau melenceng, maka stabilitas kendaraan terganggu, alias kendaraan menjadi labil atau tak stabil, terutama ketika belok atau menikung.. Dan ini sangat berbahaya bagi pengendara, dan tentu juga penumpang. ... ... ...
Terakhir diubah oleh tanggal 22.11.07 5:41, total 3 kali diubah | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27413 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 5:33 | |
| DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAANGAYA-GAYA YANG BEKERJA TERHADAP KENDARAANKENDARAAN DIAM | STATIK Ketika kendaraan dlm keadaan diam atau stasioner, hanya ada satu gaya (force) yg unggul atau dominan bekerja pd kendaraan, yaitu, berat (weight) atau gravitas (gravity), alias gaya gravitasional (gravitational force), yg diukur dalam Newton (N) atau kilogram meter per sekon kuadrat (kg m / s2) atau kilogram gaya (kg force). Berat inilah yg membuat kendaraan menempel | melekat pd permukaan tanah dan jatuh ke tanah. Berat kendaraan bergantung pd 2 faktor, yakni,
- bobot | masa kendaraan, dlm kilogram (kg) [kg mass].
- percepatan | akselerasi krn berat (acceleration due to gravity), dlm meter per sekon kuadrat (m/s2), yg besarnya sekitar 10 m/s2, tepatnya 9,806.650 m/s2.
KENDARAAN BERGERAK | DINAMIK Ketika kendaraan dlm keadaan bergerak, ada banyak gaya yg bekerja thdp tubuh kendaraan, bbrp yg unggul antara lain adalah,
- berat | gravitas | gaya gravitasional, arah jatuh ke bawah.
- dorongan (thrust) | gaya dorong (thrusting force), arah maju ke depan.
- gesekan (friction) | gaya gesek (frictional force), arah mundur ke belakang.
- helaan (drag) | gaya hela (draging force), arah mundur ke belakang.
- angkatan (lift) | gaya angkat (lifting force), arah naik ke atas.
Semua gaya ini terjadi ketika kendaraan bergerak maju, dan saling berhubungan satu terhadap yg lain. Ketika kendaraan bergerak miring, belok atau menikung, disamping 5 gaya diatas, muncul 2 gaya lain, yg arahnya saling bertentangan, yakni,
- betot | tarik pusat | gaya sentripetal (centripetal force), arah ke dalam, menarik dari arah tepi ke pusat lengkungan.
- pental | tolak pusat | gaya sentrifugal (centrifugal force), arah ke luar, menolak dari arah pusat ke tepi lengkungan.
Gaya tarik-tolak total adalah jumlah total 2 gaya ini. Pada tenaga tetap, jika sentripetal meningkat, maka sentrifugal merosot, dan kendaraan jatuh ke dalam lengkung tingkungan. Sebaliknya jika sentrifugal meningkat, maka sentripetal merosot, dan kendaraan terpelanting ke luar lengkung tikungan. Kendaraan hanya menikung dgn mantap atau stabil bila 2 gaya ini seimbang. GANGGUAN FATAL STABILTIAS KENDARAAN Nah, jika kendaraan dimodifikasi secara serampangan, dan pusat stabiltasnya bergeser cukup jauh, maka keseimbangan kendaraan dlm menikung pun terganggu, alias kendaraan jadi labil, dan resiko jatuh atau terpelanting jauh lbh besar. Dan resiko ini makin tinggi pd kecapatan tinggi! ... ... ... | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27413 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 5:48 | |
| DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAANDORONGAN | THRUST Kendaraan hanya akan dpt bergerak maju, bila dorongan dpt mengatasi berat, utk memindahkan posisi letak kendaraan di tanah. Makin besar dorongan, makin laju kendaraan, dan terasa bahwa kendaraan makin ringan. Dan sebaliknya. Dorongan ini dihasilkan oleh percepatan | akselerasi krn mesin (acceleration due to engine) kendaraan dlm arah ke depan, utk melawan percepatan krn berat dlm arah ke bawah. Dlm keadaan ini, dua pertentangan terjadi, dimana percepatan | akselerasi mesin (engine acceleration) menghasilkan tenaga mesin (mechanical energi), yakni tenaga gerak alias energi kinetik (kinetic energy) kendaraan. Sedangkan percepatan | akselerasi berat (gravitational acceleration) menghasilkan tenaga diam alias energi potensial (potential energy) kendaraan. Jika tenaga gerak kendaraan bergantung pd bobot dan kelajuan | kecepatan kendaraan, maka tenaga diam kendaraan bergantung pd bobot dan jarak atau ketinggian kendaraan thdp permukaan tanah. Makin laju | cepat gerak kendaraan, makin besar tenaga geraknya. Dan, makin tinggi kendaraan, makin besar tenaga diamnya. Tenaga total kendaraan pd tiap saat adalah jumlah tenaga gerak dan tenaga diam. Pd tenaga total tetap, ketika tenaga gerak meningkat, tenaga diam merosot. Sebaliknya, ketika tenaga diam meningkat, tenaga gerak merosot. Hal ini menjelaskan mengapa dibutuhkan akselerasi lbh ketika kendaraan menanjak naik, dan sebaliknya memperoleh dorongan ekstra ketika kendaraan meluncur turun. ... ... ... | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27413 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 5:51 | |
| DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAANGESEKAN | FRICTION Namun gerak maju kendaraan menimbulkan gesekan pd bagian tubuh kendaraan yg bersentuhan dgn tanah. Makin makin luas area yg bersentuhan dgn tanah, makin besar gesekan. Bagian kendaraan yg bersentuhan dgn tanah adalah ban. Shg makin lebar tapak atau permukaan ban, makin besar gesekan. Gesekan ini mempertahankan gerak maju kendaraan, dlm arah sebaliknya, shg membuat kendaraan mencengkram tanah. Krn itu, maiin lebar tapak ban, makin besar cengkraman ban thdp permukaan tanah, tp makin menghambat laju kendaraan. Gesekan ini juga bergantung pd benjolan (contour) permukaan yg bersentuhan. Makin kasar permukaan, makin besar gesekan. Sebaliknya, makin licin permukaan, makin kecil hesekan. Krn itu, makin tebal guratan | ulir ban, makin besar cengkraman ban pd permukaan tanah. Sebaliknya, makin tipis guratan ban, makin kecil cengkraman ban. Begitu juga dgn permukaan tanah, makin kasar permukaan tanah, makin besar gesekan dan cengkraman, dan sebaliknya. Hal ini menjealskan, knp kemdaraan sulit maju pd jalanan tak rata, dan ban slip pd permukaan jalan licin. Jadi kelebaran tapak permukaan ban dan kedalaman guratan ban dirancang utk kemampuan cengkramnya thdp permukaan tanah, shg kendaraan lbh mantap | stabil. Gesekan ini juga bergantung pd kelajuan kendaraan. Makin laju kendaraan, makin banyak sentuhan permukaan per satuan waktu, makin besar gesekan. Selain dgn tanah, gesekan juga terjadi antara tubuh kendaraan dan udara. Dan berlaku hukum yg sama. ... ... ... | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27413 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 5:54 | |
| DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAANHELAAN | DRAG Berbeda dgn gesekan yg terjadi krn persentuhan dua permukaan, helaan terjadi krn perpindahan volume udara yg diterjang oleh kendaraan. Makin besar tubuh kendaraan, makin luas permukaannya, makim banyak udara dipindahkannya, makin besar helaan. Sbgmn halnya dgn gesekan, helaan ini juga mempertahankan gerak maju kendaraan, dlm arah sebaliknya, shg membuat kendaraan terhambat maju ke depan, dan cendrung didorong balik ke belakang. Makin banyak udara yg bisa dilewatkan, diteruskan, atau dialirkan ke samping, makin kecil helaan. Helaan ini juga bergantung pd kelajuan kendaraan. Makin laju kendaraan, makin banyak volume udara dipindahkan per satuan waktu, makin besar helaan. Berbeda dgn tanah, udara adalah zat yg bergerak dan berpindah, fluida spt air, shg terjadi aliran udara yg disebut angin. Angin ini bergerak dlm bbg arah tertentu, shg menimbulkan arus udara. Dan ini sangat berbahaya bagi kendaraan, krn antara arah gerak maju kendaraan dan arah angin, membentuk sudut vektoral, yg disebut "sudut serang" (angle of attack), dan memiliki dua ukuran penting. Pertama, "sudut serang ambang" (threshold angle of attack), yg pd kelajuan tertentu, bila dicapai, akan membuat kendaraan terangkat naik dan terbang dari permukaan tanah. Kedua, "sudut serang kritis" (critical angle of attack), yg pd kelajuan tertentu, bila dicapai, akan menimbukan turbulensi udara, dan membuat kendaraan terperangkap (stall) dlm pusaran angin, shg terjungkir balik kebelakang. Jadi "fairing" pd tubuh kendaraan, terutama yg digunakan utk "racing" dan "touring", dirancang utk meminimasi helaan, agar kendaraan lbh mantap | stabil. ... ... ... | |
|
| |
Thunder Rider Admin | WebMaster
Poin Brogader : 27413 Total Posan : 24741 Sejak : 19.06.07 Domisili : Bogor.Parung | Depok.BojongSari KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0115 Jabatan : Penasehat Ahli Thunder : Julukan : Wild Horse | Silver Hawk Status : Sikon : 1I2A Hobi : 1001 Slogan : Tiap Pribadi adalah Unik
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 5:59 | |
| DAMPAK MODIFIKASI TERHADAP STABILITAS KENDARAANANGKATAN | LIFT Angkatan ini selaras dgn luas permuakaan tubuh kendaraan yg sejajar dgn permukaan tanah. Makin luas permukaan kendaraan, makin besar angkatan. Selain itu, angkatan juga selaras dgn kecepatan gerak maju kendaraan. Makin cepat kendaraan, makin besar angkatan. Angkatan ini harus dibuat minimum utk kendaraan darat agar tetap mencengkram tanah. Sebaliknya, minimum utk kendaran udara, agar dpt terbang. Angkatan ini juga bergantung pd tekanan udara (air pressure), jarak tempuh lintasan udara thdp permukaan angkat kendaraan, dan pd kerapatan | densitas udara. makin besar tekanan udara, makin besar angkatan. Pesawat udara dpt terbang ketika tekanan udara di permukaan bawah sayap lbh besar drpd tekanan udara di permukaan atas sayap, krn kecepatan udara pd permukaan atas lbh cepat drpd kecepatan udara pd permukaan bawah sayap, krn jarak lintasan udara lbh jauh pd permukaan atas drpd jarak lintasan udara pd permukaan bawah sayap, krn permukaan atas lbh lengkung shg lbh luas drpd permukaan bawah sayap. Dan angkatan ini juga bergantung pd besar sudut serang ambang. Makin miring sayap, makin besar sudut serang ambang, makin besar angkatan. Dan sudut sudut serang ambang ini harus ditiadakan atau efeknya diminimimasi pd kendaraan darat. Jadi "body tune-up" pd kendaraan, dilakukan utk mengatur apakah angkatan ini dibuat maksimum atau minimum, bergantung kebutuhan. ... ... ... | |
|
| |
Rotor PELTU KOSTER
Poin Brogader : 6197 Total Posan : 385 Sejak : 18.06.07 Domisili : Jakarta Timur KorWil : Bejat NRA : 018 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Black Supermoto Sikon : Married Hobi : Kuliner Slogan : Be Your Self
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 7:28 | |
| tks atas info nya banyak ilmu yg dapat di kembangkan | |
|
| |
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9472 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 7:45 | |
| luar biasa pak iwan, artikelnya layak masuk koran kayaknya Pak! tuh buat yang pada modifikasi, jangan asal modif...hehehe... thanks pencerahannya pak! | |
|
| |
Heri LETJEN KOSTER
Poin Brogader : 6327 Total Posan : 2503 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0079 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125 aja Sikon : Senang2 aja Hobi : lupa Slogan : lupa
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 7:48 | |
| EMANG DEH BRO IWAN GAK ADA DUA NYA BRAVO BRO IWAN BRAVO KOSTER PARUNG BRAVO KOSTER BRAVO THUNDER | |
|
| |
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8003 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder : Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 8:08 | |
| salam koster :koster:
bravo lah pokona mah buat om iwan...TO BGT !! bRAVO kOSTER PARUNG ! bRAVO kOSTER ! | |
|
| |
MDS(MasDediSusanto) PELDA KOSTER
Poin Brogader : 6040 Total Posan : 252 Sejak : 08.09.07 Domisili : Bekasi - Jakarta Timur KorWil : Bekasi - Jakarta Timur | BEJAT Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : Rong Ngatus Seket Sikon : MenantiYangKedua,... Hobi : Sport, touring, reading
| |
| |
Rendy 133 Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6222 Total Posan : 3594 Sejak : 25.07.07 Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur KorWil : BEJAT NRA : 0133 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder : Julukan : 125 Black&Black Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871 Hobi : keep for brothers...... Slogan : it's me
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 10:34 | |
| | |
|
| |
042 Administrator KOSTER
Poin Brogader : 9472 Total Posan : 10367 Sejak : 11.11.06 Domisili : Didepan komputer...! KorWil : Bogor NRA : 0042 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : Brandon Sikon : I istri dan 1 anak Hobi : Banyak... Slogan : Cintai dan sayangilah dua orangtuamu...
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 10:42 | |
| | |
|
| |
belan LETTU KOSTER
Poin Brogader : 6310 Total Posan : 541 Sejak : 03.03.07 Domisili : batam Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : single
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 11:14 | |
| | |
|
| |
France Tivoz Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6692 Total Posan : 3535 Sejak : 02.10.07 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0206 Jabatan : KaDiv Bakteri Thunder : Julukan : Red Bull Sikon : unmeried Hobi : Belajar Slogan : SAYA MOHON DUKUNGANNYA ,Dukung Saya PEJABAT KOSTRAD di kancah KOSTER INDONESIA
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 22.11.07 16:51 | |
| | |
|
| |
[BOETHO] Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7007 Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07 Domisili : Trenggalek - Bogor KorWil : Bogor NRA : 0013 Jabatan : Ang. Pendiri Thunder : Julukan : Big Black Beauty Sikon : MENGERIKAN.... Hobi : MANASIN ORANG Slogan : ADA APA YAH...??
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 23.11.07 22:11 | |
| | |
|
| |
sendy_kasep Kapten KOSTER
Poin Brogader : 6371 Total Posan : 678 Sejak : 27.01.07 Domisili : Bogor Jabatan : KADIV Outlet Thunder : Julukan : 125 Sikon : single
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 23.11.07 22:33 | |
| | |
|
| |
[BOETHO] Donatur KOSTER
Poin Brogader : 7007 Total Posan : 4615 Sejak : 19.04.07 Domisili : Trenggalek - Bogor KorWil : Bogor NRA : 0013 Jabatan : Ang. Pendiri Thunder : Julukan : Big Black Beauty Sikon : MENGERIKAN.... Hobi : MANASIN ORANG Slogan : ADA APA YAH...??
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 23.11.07 23:01 | |
| | |
|
| |
sendy_kasep Kapten KOSTER
Poin Brogader : 6371 Total Posan : 678 Sejak : 27.01.07 Domisili : Bogor Jabatan : KADIV Outlet Thunder : Julukan : 125 Sikon : single
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 23.11.07 23:21 | |
| | |
|
| |
Heri LETJEN KOSTER
Poin Brogader : 6327 Total Posan : 2503 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0079 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125 aja Sikon : Senang2 aja Hobi : lupa Slogan : lupa
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 24.11.07 21:42 | |
| | |
|
| |
teddy MAYJEN KOSTER
Poin Brogader : 6923 Total Posan : 2070 Sejak : 08.12.06 Domisili : LeuwiLiang KorWil : LeuwiLiang NRA : 0090 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : t250 Slogan : Bravo KOSTER
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 26.11.07 10:13 | |
| Salam Koster,
gw bacanya ampe lieur nich artikel pak iwan, hehehe jadi intinya hati2 saja bro kalu modif malah2 nanti jadi ga bener tuch motor hehee
Rgds Teddy 3-002 | |
|
| |
gerry_garsono Administrator KOSTER
Poin Brogader : 8003 Total Posan : 7747 Sejak : 07.12.06 Domisili : Parung. Bogor KorWil : Parung | KOSPAD NRA : 0039 Jabatan : WaKetUm Thunder : Julukan : Thunder Bear Sikon : in relationship Hobi : touring, rolling, adventurer, sports Slogan : Percayalah dengan diri sendiri
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 26.11.07 11:00 | |
| salam koster :koster: he..he..ah tergantung modif na kumaha....iya kan ?? yag penting style and nyaman buat di kendarai tuh thunder nya... BTW kemaren di acara blackholic modif thunder na keren2 euy... | |
|
| |
aciel KOPTU KOSTER
Poin Brogader : 6053 Total Posan : 60 Sejak : 24.08.07 Domisili : jakarta Jabatan : Ang. Forum Thunder : Julukan : 125 Sikon : lajang
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 26.11.07 12:35 | |
| wah motor si akang gerry makin bohay aja kayak orangnya | |
|
| |
Rendy 133 Jenderal KOSTER
Poin Brogader : 6222 Total Posan : 3594 Sejak : 25.07.07 Domisili : BEJAT: Bekasi - Jakarta Timur KorWil : BEJAT NRA : 0133 Jabatan : KetHan | KaWil Thunder : Julukan : 125 Black&Black Sikon : Call Me 081808878781 | 02198789871 Hobi : keep for brothers...... Slogan : it's me
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 28.11.07 21:37 | |
| | |
|
| |
Heri LETJEN KOSTER
Poin Brogader : 6327 Total Posan : 2503 Sejak : 13.11.06 Domisili : Bogor KorWil : Bogor NRA : 0079 Jabatan : Ang. Resmi Thunder : Julukan : 125 aja Sikon : Senang2 aja Hobi : lupa Slogan : lupa
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas 29.11.07 10:46 | |
| | |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas | |
| |
|
| |
| MODIF: Dampak Modifikasi Terhadap Stabilitas | |
|